Monday, 14 October 2019

4 Desa Korban Lumpur Lapindo Bakal Dihapuskan

Minggu, 8 Juli 2012 — 9:15 WIB
lapindo-1

SURABAYA (Pos Kota)- Penghapusan desa dan kelurahan yang terendam lumpur tidak bisa dilakukan saat ini. Pasalnya, saat ini masih ada beberapa desa lain yang akan diberi ganti rugi oleh pemerintah.

Dikatakan anggota Pansus Lumpur DPRD Sidoarjo Sulkan Wariono, selain empat desa yaitu Renokenongo, Kedungbendo, Siring dan Jatirejo masih ada kawasan lain yang akan diberi ganti rugi. “Penghapusan desa lumpur menunggu ganti rugi desa lainnya tuntas,” ujarnya, Sabtu (7/7/2012).

Dia menyebutkan, kawasan lain yang akan mendapat ganti rugi adalah Mindi, Ketapang dan Glagaharum. Selain itu, juga ada sebagian kawasan Kedungcangkring, Pejarakan dan Besuki yang saat ini sudah dibuat mendapat ganti rugi dari pemerintah.

“Alangkah baiknya jika pembayaran ganti rugi baik dari Lapindo maupun dari pemerintah tuntas, baru dilakukan penghapusan desa-desa yang terendam lumpur. Jadi untuk administrasinya sekalian, tidak sepotong-sepotong,” papar politisi Demokrat itu.

Sementara itu Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo Mundzir Dwi Ilmiawan, meski penghapusan desa yang terendam lumpur dilakukan setelah urusan ganti rugi tuntas. Alangkah baiknya, mulai saat ini Pemkab mempersiapkan segala sesuatunya. Seperti, aset desa dan kelurahan karena nantinya akan menjadi aset pemkab.

“Penghapusan desa yang terendam lumpur itu harus merubah perda yang mengatur desa. Bahkan, administasinya sampai ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), jadi sekalian saja nanti kalau ganti rugi sudah tuntas,” ujarnya.

(nurqomar/sir)