Tuesday, 12 November 2019

Indonesia Wajib Menang Lawan Makau

Minggu, 8 Juli 2012 — 20:31 WIB
liestiadi87

PEKANBARU (Pos Kota) – Sukses mendulang tiga poin pertama di babak kualifikasi Piala Asia (AFC) U-22, tim’ Garuda Muda’ Indonesia wajib melanjutkan kemenangan saat menghadapi Makau dalam lanjutan kualifikasi Grup E di Stadion Utama Riau, Selasa (10/7) malam WIB besok.

Asisten Pelatih Timnas Indonesia U-22, Liestiadi mengatkan kemenangan itu wajib diraih timnas Indonesia U-22 demi memenuhi target finis di urutan tiga teratas.

Maklum, di ajang kualifikasi tiga tim yang berhasil finis di urutan tiga teratas dipastikan lolos ke babak selanjutnya. Syaratnya, Indonesia harus bisa meraih kemenangan saat melawan Makau sebelum beretmu tim kuat Jepang pada 12 Juli mendatang dan bentrok dengan Singapura, tiga hari kemudian. “Harapannya adalah kita meraih kemenangan atas Makau dan Singapura dan seri saat melawan Jepang,” kata Liestiadi di sela-sela persiapan timnas Indonesia U-22.

Lebih lanjut, Liestiadi menjelaskan bahwa kemenangan 2-0 atas Timor Leste, Sabtu (7/7) kemarin, sejatinya berada di luar perkiraan. Pasalnya, sejak awal skuad asuhan Aji Santoso diharapkan bisa memetik kemenangan 3-0, mengingat harapan mereka tim yang akan menjadi juru kunci nanti adalah Makau. Dengan kata lain, kemenangan atas Timor Leste bisa menjadi pertimbangan untuk membawa skuad Aji finis di urutan tiga teratas Grup E.

“Kelima tim di grup ini kekuatannya merata. Makau bisa memberi perlawanan di Stadion Kaharudin saat melawan Australia (7/7). Mereka bisa mencetak dua gol itu luar biasa. Kami pasti eksta-hati-hati. Tetapi, kita tidak ada cerita, kalau mau lolos, maka kita harus menang lawan Makau,” lanjut Liestiadi.

“Jadi, kemenangan kecil atau besar atas Makau nantinya, tidak akan ada pengaruhnya karena penentunya adalah saat melawan Singapura, kita harus menang. Namun sebelum itu kami harus bisa menahan imbang Jepang. Sehingga saat menghadapi Singapura di laga terakhir kualifikasi, beban tidak begitu berat dan diharapkan bisa memenangkan pertandingan,” jelasnya.

Saat ini timnas Indonesia dan Singapura sama-sama mengumpulkan tiga poin klasemen sementara Grup E. Namun Indonesia berhak duduk di urutan ketiga karena unggul produktifitas gol dari Singapura di posisi keempat. Indonesia sendiri terpaut tiga angka dari pimpinan Grup E yang diduduki Jepang dan Australia. Sedangkan, Timor Leste dan Makau berada di urutan dua terbawah, tanpa poin. (junius/dms)

Teks : Asisten Pelatih Timnas Indonesia U-22, Liestiadi