Wednesday, 23 October 2019

Selama Puasa, Konser Musik Dilarang di Serang

Selasa, 10 Juli 2012 — 8:41 WIB
penonton-konser

SERANG (Pos Kota) – Selain menutup tempat hiburan dan restoran, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Serang juga meminta kepada Pemkot Serang tidak menginjikan kegiatan konser atau sejenisnya di Kota Serang selama bulan Ramadhan. Hal ini untuk menjaga keamanan dan kenyamanan di bulan puasa.

“Aspirasi masyarakat banyak yang tidak setuju adanya konser musik, baik sore ataupun malam hari. Karena jika dilakukan pasti mengganggu orang yang sedang beribadah, lebih-lebih konser pada malam hari,” ungkap Mahmudi, Ketua MUI Kota Serang, dalam rapat koordinasi terkait persiapan bulan Ramadhan, di Aula Bappeda Kota Serang, Senin (9/7).

Rapat yang juga dihadiri Kepala Satpol PP Kota Serang, Ahmad Mujimi, Ketua Tanfidziah Nahdlatul Ulama (NU) Kota Serang, Matin Syarkowi, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Serang, Asnawi Sarbini, perwakilan dari Muhamadiyah Kota Serang, Jawahir, dan perwakilan organisasi mahasiswa.

Untuk itu, lanjut Mahmudi, pada keputusan walikota (Kepwal) juga selain meminta tempat hiburan dan cafe tutup selama bulan puasa, dan warung makan siap saju tutup disiang hari, bagusnya dimasukan larangan menggelar konser di bulan Ramadhan. “Jika dimasukan dalam kepwal kan enak ada landasan hukumnya jika membubarkan adanya kegiatan konser,” tegasnya.

Kepala Satpol PP Kota Serang, Ahmad Mujimi mengatakan, rapat kordinasi dilakukan untuk memperkuat dalam menjaga kondusifitas daerahnya masing-masing. “Pada rapat kali ini juga kami menjalin komitmen dengan sejumlah ormas, dan mereka (ormas,red) siap bekerjasama,” katanya.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya juga akan menyebarkan surat imbauan kesejumlah tempat hiburan, caffe, dan rumah makan siap saja untuk membuat pernyataan untuk tidak buka. “Untuk kepwalnya sendiri pekan ini diterbitkan. Untuk rumah makan mulai buka pukul 16:00, dan untuk masalah konser kita akan koordinasikan dulu dengan pak Wali,” pungkasnya. (haryono)

Foto Ilustrasi