Monday, 21 October 2019

41 Imigran Gelap Diamankan Polres Sukabumi

Rabu, 18 Juli 2012 — 16:18 WIB
gelapnyaimigran187

SUKABUMI (Pos Kota) – Sedikitnya 41 imigran gelap asal Timur Tengah diamankan aparat Polres Sukabumi, Rabu (18/7). Mereka ditangkap di sekitar Pantai Palampang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kuat dugaan, puluhan imigran gelap ini hendak menyebrang melalui jalur laut ke Australia untuk mencari suaka.

Penangkapan imigran gelap yang terdiri dari 28 berjenis laki-laki dan 13 perempuan ini bermula dari kecurigaan petugas melihat iring-iringan beberapa kendaraan. Setelah dicek petugas, ternyata di beberapa kendaraan tersebut terdapat puluhan imigran gelap, enam di antaranya masih anak-anak sekira pukul 03.00 WIB.

Usai diamankan, puluhan imigran gelap ini kemudian diserahkan ke pihak Kantor Imigrasi Sukabumi. Selanjutnya, untuk sementara waktu ditampung di Hotel Sarah di kawasan Salabintana.

Kasubag Humas Polres Sukabumi, AKP Siswanto menjelaskan, dalam penangkapan tersebut pihaknya juga mengamankan empat sopir yang membawa masing-masing kendaraan. Keempat sopir itu kini masih dimintai keterangan. Tak hanya itu, petugas juga mengamankan empat unit mobil yang digunakan mereka dari Cisarua, Bogor ke Ciemas yakni AVP F 1754 W dan tiga Mitshubisi Elf/L-300 dengan nomor polisi F 7317 F, F 7343 A dan B 7035 FDA.

“Keempat sopir yang masih dimintai keterangan yakni Jamal, 26; Toha, 38; Haerudin, 38; dan Hidayatullah, 36. Statusnya masih sebagai saksi belum mengarah ke penahanan,” jelasnya.

Kasubdin Penindakan Kantor Imigrasi Sukabumi, Irpan Sapari Somantri menjelaskan, pihaknya hanya berwenang mendata puluhan imigran gelap ini. Dari hasil pendataan sementara, puluhan imigran ini kebanyakan dari Iran.

“Dari puluhan imigran ini hampir semuanya mengantongi visa kunjungan sebagai turis. Nantinya kita akan dilimpahkan n ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Kalideres, Jakarta,” jelasnya.

Pantauan di lokasi, selama proses pendataan yang dilakukan petugas Imigrasi di lokasi Hotel Sarah terlihat beberapa petugas kepolisian yang turut menjaga. Tindakan ini sebagai upaya untuk mengamankan para imigran gelap agar tidak melarikan diri. Namun, para imigran gelap melarang setiap awak media yang hendak mengambil gambar mereka. (sule)

TEKS: Puluhan imigran gelap sementara waktu ditampung di Hotel Sarah Sukabumi, Jawa Barat