Wednesday, 16 October 2019

Polres Sukabumi Kembali Gagalkan Penyelundupan Imigran Gelap

Jumat, 20 Juli 2012 — 19:28 WIB
sarahhotel207

SUKABUMI (Pos Kota) – Jajaran Polres Sukabumi, Jawa Barat kembali menggagalkan penyelundupan imigran gelap. Jumat (20/7) 38 imigran diamankan di kawasan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.Padahal baru dua hari yang lalu 41 imigran gelap gagalkan diselundupkan.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) Kantor Imigrasi Sukabumi, Isman Jayadi menjelaskan ke-38 imigran gelap itu masih berada di penampungan sementara di Hotel Sarah, Kecamatan Sukabumi.

“Dari pendataan, puluhan imigran ini berkewarganegaraan Afghanistan. Mereka diamankan polisi di sekitar Pantai Cisolok, Kecamatan Cisolok saat hendak menyeberang ke Pulau Christmas Australia melalui jalur laut,” kata Isman.

Disebutkan Isman, puluhan imigran ditempatkan sementara di Hotel Sarah dikarenakan Kantor Imigrasi Sukabumi tidak mempunyai rumah detensi imigrasi (Rudenim). Apalagi, beberapa Rudenim di lainnya juga masih penuh dengan para imigran gelap.

Dua hari sebelumnya, tepatnya Rabu (18/7) jajaran Polres Sukabumi menangkap 41 imigran gelap. Penangkapan puluhan imigran gelap yang terdiri dari 28 berjenis laki-laki dan 13 perempuan ini bermula dari kecurigaan petugas melihat iring-iringan beberapa kendaraan. Setelah dicek petugas, ternyata di beberapa kendaraan tersebut terdapat puluhan imigran gelap, enam di antaranya masih anak-anak.

Dalam upaya penyelundupan ini terungkap lima oknum TNI terlibat mengawal 41 imigran gelap asal Timur Tengah. (sule)

Teks : Hotel tempat imigran gelap ditampung