Saturday, 07 December 2019

Selama Puasa Cuaca Jakarta Masih Akan Panas

Sabtu, 28 Juli 2012 — 22:01 WIB
ilusselama

JAKARTA (Pos Kota) – Badan Meteorologi Klimatoloi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca di Jakarta selama Ramadhan panas, karena musim kemarau.

Kepala Pusat Informasi BMKG, Mulyono Prabowo, kemarin, mengatakan sepanjang Juli-Agustus atau selama Ramadhan masih musim kemarau. Dengan demikian, wilayah ibukota secara umum akan panas.

Prabowo menyebutkan walau puasa terjadi di musim kemarau, hujan masih tetap akan terjadi. Namun potensi hujannya hanya 50-100 milimeter/bulan. Variabilitas hujannya pun tergantung daerah, sebab hujan terjadi tidak merata.

Hanya saja memasuki Agustus, cuacanya malah akan terik. Suhu udara secara umum atau rata-rata berkisar 27-31 derajat celsius. Tetapi, tidak menutup kemungkinan meningkat hingga mencapai 34 derajat celsius, sehingga cuaca akan benar-benar terik.

Cuaca panas seperti itu harus diwaspadai. Sebab biasanya musibah kebakaran akan semakin sering terjadi. Ini akibat banyak benda yang memuai termasuk istalasi kabel listrik di rumah.

Musim kebakaran ini sudah terbukti. sabtu kemarin saja di Jakarta terjadi tiga peristiwa kebakaran di beberapa tempat. Selain menghanguskan 100 lebih rumah juga merenggut dua jiwa di Angke, Jakarta Barat. (john/st)