Friday, 15 November 2019

Di Olimpiade Brasil

Bulutangkis Bakal Tidak Dipertandingkan

Senin, 6 Agustus 2012 — 22:38 WIB
ilus

LONDON (Pos Kota)- Cabang bulutangkis terancam tak diikutsertakan dalam Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. Hal ini akibat dari kasus ‘main sabun’ yang dilakukan empat ganda dunia saat babak penyisihan di Olimpiade London 2012 baru-baru ini.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Soebowo di London, Inggris, menegaskan Komite Olimpiade Internasional (IOC) berencana melakukan investigasi lanjutan atas kasus ini.

Rita membenarkan IOC kemungkinan mencoret bulutangkis dari olimpiade. Selain karena skandal itu, keinginan IOC mencoret bulutangkis karena kurang populer. Bulutangkis menempati posisi ketiga terbawah dari 26 cabang olahraga olimpiade. Hal itu menjadi ancaman serius bagi Indonesia. Sebab, bulutangkis adalah cabang andalan Indonesia di olimpiade.

LAKUKAN PENDEKATAN

Untuk itu, KOI akan melakukan pendekatan kepada IOC dan telah meminta pemain ganda putri Indonesia (Meiliana Jauhari/Greysia Polii) untuk meminta maaf kepada IOC dan BWF. Sementara KOI akan meminta PBSI mengevaluasi pemain agar kasus seperti itu tidak terjadi lagi.

Sementara itu, China menyabet semua nomor cabang bulutangkis yang dipertandingkan di Olimpiade London 2012. Kelima nomor tersebut yakni tunggal putra (Lin Dan), ganda putra (Cai Yun/Fu Haifeng), ganda putri (Zhao Yunlei/Qin Tian), tunggal putri (Li Xurui) dan ganda campuran (Zhang Nan/Zhao Yunlei). (junius)