Tuesday, 22 October 2019

Raih Emas,Tim Sepak Bola AS Pertahankan Tradisi

Sabtu, 11 Agustus 2012 — 9:46 WIB
raih-emas

LONDON (Pos Kota) – Sepak bola putri Amerika Serikat (AS) akhirnya berhasil membayar lunas kekalahan mereka atas Jepang di Piala Dunia Wanita 2011 lalu dengan merebut medali emas, usai menang 2-1 pada partai final di Stadion Wemble, Sabtu (11/8) dinihari WIB. Sukses itu sekaligus mempertahankan tradisi sepak bola AS sejak cabang sepak bola putri dipertandigkan di Olimpiade pada 1996 silam.

Sejak saat itu, tercatat sepak bola putri AS berhasil merebut empat dari lima medali emas. Satu-satunya kegagalan mereka terjadi pada Olimpiade 2000 saat dikalahkan Norwegia 2-3 di partai final. Sebelumnya, tim dari negeri ‘Paman Sam’ itu berhasil menjadi juara dengan mengalahkan China 2-1 di final Olimpiade 1996, Brazil 2-1 (Olimpiade 2004), dan Brasil 1-0 (Olimpiade 2008). Catatan ini menjadikan tim sepakbola putri AS sebagai tim tersukses di Olimpiade.

Selain itu kemenangan atas Jepang pada laga kali ini juga sukses membayar kegagalan mereka di Piala Dunia 2011 setelah kalah di partai final lewat drama adu penalti. Adalah gelandang Carli Lloyd yang memastikan kemenangan sepak bola putri AS, berkat dua golnya pada menit kedelapan dan ke-54. Sementara satu-satunya gol balasan Jepang dicetak Yuki Ogimi pada menit ke-63. Sejak saat itu, tidak ada lagi gol yang tercipta hingga laga bubaran.

Uniknya, Lloyd sendiri hampir tidak terpilih pelatih Pia Sundhage sebelum Olimpiade London 2012 bergulir dan setelah bergabung ia bahkan jarang kesempatan untuk tampil. Tidak heran jika Lloyd sempat merasa frustasi.

“Saya tidak menyangka bisa dipercaya untuk bermain di final. Ini adalah hari yang hebat buat saya dan semua orang-orang Amerika Serikat. Ini luar biasa,” kata Lloyd, seperti disitat USA Today, Sabtu (11/8).

“Kami telah meninggalkan tahun penderitaan setelah kami kalah dari Jepang di Piala Dunia. Kemenangan ini terasa seperti sebuah tekad yang bulat bagi kami untuk tidak mengulangi hal yang sama dan kami menunjukkan perjuangan pantang menyerah. Ini adalah usaha, kerja keras serta loyalitas tim dan kami menujukkannya dengan keyakinan untuk bisa memenangi pertandingan ini,” timpal penyerang AS, Abby Wambach.

Dengan kekalahan itu, Jepang harus puas meraih medali perak, disusul Kanada dengan medali perunggu yang sukses meraih kemenangan 1-0 atas Prancis pada perebutan juara ketiga di hari yang sama. Satu-satunya gol sematawayang Kanada dilesakkan Diana Matheson di detik-detik akhir di penghujung laga.

(junius)

Foto Reuters