Saturday, 19 October 2019

Askes Gelar Posko Peduli Mudik Lebaran di Pelabuhan

Jumat, 17 Agustus 2012 — 15:20 WIB
Posko Askes01

JAKARTA (Pos Kota) – PT Askes (Persero) kembali menyelenggarakan program Posko Askes Peduli Mudik Lebaran 2012 sebagai bentuk tanggung jawab sosial korporat (CSR).

Posko kesehatan tersebut diperuntukkan bagi para pemudik yang menggunakan moda transportasi laut.

Terdapat tiga titik posko yang digelar PT Askes, yakni Pelabuhan Merak, Banten, Pelabuhan Gilimanuk, Bali dan Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar.

Pelayanan kesehatan ini dilaksanakan selama 24 jam bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan setempat yang terbagi ke dalam beberapa shift. Setiap shift dioperasikan oleh satu dokter, dua paramedis, dan dua petugas jaga posko yang berasal dari PT Askes.

Posko ini melayani pemeriksaan kesehatan sederhana, obat-obatan, tindakan sederhana sebagai pertolongan pertama dan pemberian rujukan jika pasien memerlukan penanganan lanjutan.

Bagi pemudik yang memerlukan pelayanan gawat darurat ke rumah sakit, posko ini juga menyediakan pelayanan ambulans 24 jam yang bekerja sama dengan RSUD setempat.

“Semua pelayanan yang diberikan di posko ini gratis alias tidak dipungut biaya. Kali ini, posko lebaran digelar mulai dari H-5 hingga H+2,” ujar Direktur PT Askes I Gede Subawa di Jakarta, Kamis.

Direktur Keuangan PT Askes (Persero), Purnawarman Basundoro menambahkan, perhatian yang diberikan tak hanya bagi para pemudik. PT Askes juga tetap fokus melayani para pesertanya menggunakan format managed care. Dengan format tersebut, para peserta bisa memperoleh pelayanan optimal dengan biaya kesehatan yang terkontrol.

“Prinsip manage care salah satunya adalah sistem pelayanan berjenjang. Sistem ini bertujuan untuk mengontol biaya kesehatan dan mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada pesertanya,” kata Purnawarman saat meninjau  posko Askes Peduli Mudik di Merak. (aby/dms)

Direktur Keuangan PT Askes (Persero), Purnawarman Basundoro memberikan apresiasi kepada petugas posko mudik di Merak, Kamis. (aby)