Tuesday, 12 November 2019

Lima Wisatawan Tewas di Pantai Pelabuhan Ratu

Rabu, 22 Agustus 2012 — 20:10 WIB
Palabuhan Ratu-2012-n

SUKABUMI (Pos Kota) – Lima wisatawan tewas  di kawasan Pantai Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat selama libur Lebaran 1433 Hijriah.  Mereka tewas setelah terseret arus ombak ketika berenang di pantai selatan tersebut.

Kelima pengunjung itu antara lain tiga orang berasal dari Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi yakni Dewi Sartika, 19; Kiki, 11; dan Heru, 19. Ketiga korban ini tenggerus ombak ketika bermain di kawasan Pantai Cempaka Putih, Desa/Kecamatan Cikakak.

Korban tewas lainnya yaitu Nandang, 17, asal warga Kampung Cilengkrang RT 01/09, Desa Pasir Halang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Terakhir, korban tewas yang tenggelam pada Rabu (22/8) adalah Ilyas (21) warga Kampung Cinangsi RT 02 RW 04, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, KBB.

Wakil Ketua Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Palabuhanratu, Yanyan Nuryanto menjelaskan kelima wisatawan tewas ini tergerus ombak ketika mengambil bola yang ada di bibir pantai.

“Sampai hari ini ada lima wisawatan tewas. Tiga dari Sukabumi dan dua lagi dari KBB,” kata Yanyan saat dihubungi Pos Kota, Rabu (22/8).

Disebutkan Yanyan, wisatawan yang tenggelam sebetulnya lebih banyak. Pada Rabu (22/8) saja, sebanyak 12 orang pengunjung yang tenggelam. Beruntung belasan wisatawan yang tenggelam tersebut berhasil diselamatkan petugas.

Ke 12 wistawan tersebut tenggelam di sejumlah titik yakni Katapang Condong sebanyak empat orang, di kawasan Pantai Sunset Karangpapak sebanyak enam orang,  lalu di Pantai Karanghawu dan Kebon Kalapa masing-masing satu orang tenggelam.

“Hingga memasuki H+3 Lebaran pengunjung masih banyak di kawasan pantai. Namun apabila dibandingkan dengan sehari sebelumnya mengalami penurunan. Saat ini jumlah pengunjung paling berkisarn 140 ribu hingga 150 ribu orang. Sedangkan pada H+2 sempat mencapai sebanyak 350 ribu orang,” jelasnya.

Salah seorang wisatawan, Kurnia asal Kota Sukabumi mengharapkan pengaman pantai di kawasan Pelabuhan Ratu diperketat. Tak hanya itu, rambu-rambu atau peringatan kepada wisatawan agar lebih diperbanyak.
“Saya kemarin habis berlibur dari Pelabuhan Ratu. Saya kira pengamanan di pantai itu masih minim. Ke depannya jumlah pengamanan perlu ditambah terutama di sekitar pantai yang banyak wisatawannya,” tandasnya. (sule/dms)