Wednesday, 16 October 2019

Kloter Pertama Berangkat 21 September

160 Calhaj Bekasi Belum Lunasi ONH

Selasa, 28 Agustus 2012 — 15:45 WIB
calhaj

BEKASI (Pos Kota)-Sebanyak 160 calon jamaah haji asal Kabupaten Bekasi,Jawa Barat belum melunasi biaya Ongkos Naik Haji (ONH). “Ini catatan yang ada Senin (27/8) dari semua bank penyelenggara ONH,” ujar Shobirin, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kementrian agama Kabupaten Bekasi.

Shobirin menuturkan pihaknya sudah menghubungi orang-orang itu melalui telepon, namun tidak satupun yang tersambung. “Ketika daftar, kami mencatat nomor telepon yang diberikan. Tetapi sekarang malah sulit dilacak,” tegasnya.

Selain kesulitan menghubungi calon jamaah haji, Shobirin menduga kalau belum dipenuhinya pelunasan ONH 2012, karena ada calon jamaah yang menggunakan dana talangan. “ Ada beberapa jamaah yang nomor porsinya masuk kuota tetapi pembiayaannya masih ditalangi pihak bank,” imbuh Shobirin.

Kemungkinan ada calon jamaah yang mundur karena tidak segera melunasi ONH, maka secara otomoatis urutan daftar tunggu akan berkurang. “Kalau sampai 7 September 2012 di tahap kedua tidak juga melunasi, maka akan segera ada jamaah yang di urutan bawah bisa berangkat.

20 SEPTEMBER MASUK ASRAMA

Sementara itu sebanyak 2.145 jamaah calon haji asal Kabupaten Bekasi, akan diberangakatkan dengan 5 kelompok terbang (Kloter). “Empat kloter penuh dan satu kloter gabungan dengan jamaah asal kota/kabupaten lain,” tegas Shobirin.

Sedangkan embarkasi Jakarta-Bekasi, di Jl Kemakmuran akan mulai berfungsi pada 20 September 2012 atau 04 Dzulqaidah 1433 H. “Kloter pertama akan ke Bandara Soekarno Hatta pada 21 September 2012,” jelas Shobirin, yang juga salah satu Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji Indonesia (PPHI) Jawa Barat.

Pada 5 Oktober 2012, merupakan akhir dari pemberangkatan jamaah calon haji gelombang pertama yang mendarat di Madinah dan 06 Oktober 2012 merupakan awal pemberangkatan calon jamaah haji gelombang II yang mendarat di Jeddah.

Shobirin juga menyebutkan masih ada satu tahapan pembinaan lagi yang akan dilakukan Kemenag Kabupaten Bekasi, yaitu pemantapan manejemn kloter. “Calon jamaah haji akan kami kumpulkan 5 hari sebelum keberangkatan dan mengetahui siapa ketua Kloter, pembimbing ibadah haji, dokter dan paramedis. (saban)

Teks:Jamaah haji asal Kabupaten Bekasi 2012 akan diberangkatkan dengan lima kloter. (saban)