Friday, 06 December 2019

Sampah di Kali Sentiong Dibersihkan

Kamis, 30 Agustus 2012 — 17:34 WIB
sentisampah308

TANJUNG PRIOK (Pos Kota) –Sampah yang memenuhi Kali Sentiong, Jalan Danau Sunter Barat, dekat lampu merah Blok A, Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara dibersihkan oleh petugas Suku Dinas PU Tata Air, Pemkot Jakarta Utara.

Kegiatan ini dilakukan dengan harapan aliran sungai yang menghubungkan dua wilayah yakni Jakarta Utara dan Jakarta Pusat itu tidak mampet akibat tumpukan sampah.

“Sampah kali ini (Sentiong) setiap pagi dan siang selalu kami angkut. Minimal dalam sahari kami mengangkut tiga truk, setelah d pres selanjutnya sampah kali akan dibuang di Bantar Gebang,” ujar Salim, 45, petugas kebersihan kali kepada, Kamis (29/8).

Karim,35, salah seorang warga RW 20, Sunter Agung, berharap sampah kali dapat tuntas dikerjakan. Sebab, katanya, keberadaan sampah kali tersebut ditengah keramaian lalulintas. “Kalau kalinya bersih dari sampah melingghilangkan kesan kota ini kotor. Apalagi kali ini berbatasan dengan wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Pusat jadi aktivitasnya harus ditingkatkan,” katanya.

Kasudin PU Tata Air Pemkot Jakarta Utara Sisca Hermawati, mengakui memang pasca Lebaran ini pihaknya terus melakukan pembersihan di sejumlah kali yang ada di wilayah Jakarta Utara. Ini dilakukan karena selama libur panjang ini sebagian para pekerja terpaksa tidak melakukan aktifitasnya karena mereka pulang ke kampung halamannya.

”Makanya setelah Lebaran ini, sampah-sampah yang ada di sejumlah kali di wilayah Jakarta Utara jadi numpuk. Untuk itu kami terus melakukan pembersihan dengan harapan sungai tersebut tidak mampet karena penuh dengan sampah,”jelas Siscs Hermawati didampingi Kasie PU Tata Air Kecamatan Tanjung Priok Darmawan.

Kasudin juga menambahkan sampah yang berhasil diangkat dari dasar sungai itu sebagaian besar merupakan sampah rumah tangga. Untuk itu dia berharap kepada jika kali itu sudah bersih di himbau warga tidak membuang sampah di kali lagi karena di khawatirkan air tidak akan lancar ke muara karena tersumbat sampah. (wandi)

Teks : Sejumlah pekerja sedang mengambili sampah dari Kali Sentiong. (wandi)