Thursday, 14 November 2019

50 Tahun TVRI Tetap Mengabdi

Kamis, 6 September 2012 — 15:52 WIB
50tahuntv69

JAKARTA (Pos Kota) – TVRI telah memasuki usia emas ’50 Tahun’ mengabdi dan melayani dalam bidang penyiaran yang mampu menjangkau sebagian besar wilayah di Indonesia. Karena sejak kiprahnya di tahun 1962 silam, ternyata tetap eksis sampai sekarang di tahun 2012. Bahkan mampu menyeruak di tengah kebutuhan informasi dan ilmu pengetahuan bagi masyarakat di seluruh Tanah Air.

Tak kurang dari Presiden Susilo Bambang Yudoyono (SBY) meminta agar peran TVRI yang kini sudah menjadi lembaga penyiaran publik (LPP), agar tetap menjadi ‘mercusuar’ penyebaran informasi dan ilmu pengetahuan untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kendati pada kenyatannya harus menghadapi persaingan ketat dengan televisi swasta yang ada.

Sebagai bentuk apresisasi terhadap insan pertelevisian yang berplat merah satu ini, di acara puncak ’50 Tahun Emas’, Rabu (5/9) malam di Auditorium TVRI Senayan Jakarta, memberikan Piala Gatra Kencana 2012 bagi stasiun televisi daerah yang telah memberikan kontribusi dalam bentuk siaran terbaik.

Untuk juara umum diraih TVRI Stasiun Jawa Barat. Pertama, muncul sebagai yang terbaik dalam lomba produksi acara. Kedua, bidang menyutradaraan lewat film cerita anak berjudul ‘Soldadu Pesisir Pananjung’. Ketiga, presenter/reporter terbaik yang memproduksi feacture dokumenter pariwisata ‘Kembali ke Kampung’. Dan keempat, editor terbaik untuk judul sama seperti kategori ketiga.

Selain itu TVRI Stasiun Sulteng meraih penghargaan terbaik untuk bidang pengarah acara (PA) yang memproduksi program acara Pelangi Nusantara. Sedangkan untuk juru kamera dan produser terbaik diraih Stasiun TVRI Gorontalo lewat film cerita anak ‘Bintang Laut’.

Penghargaan khusus juga diberikan kepada Hamdika Husain, pemeran Doru dalam film cerita anak ‘Bintang Laut’, produksi TVRI Stasiun Gorontalo. Untuk stasiun televisi daerah yang memberikan kontribusi berita terbanak melalui live cross dan streaming /FTP selama Januari – Juni 2012, piala Gatra Kencana 2012 diberikan kepada TVRI Stasiun Jawa Timur.

Dalam rangkaian acara puncak Perayaan HUT ke-50 TVRI sebagai Tahun Emas Pengabdian, tak kalah meriah karena menampilkan sejumlah artis-artis senior, kondang dan grup musik serta girlsband yang saat ini sedang digemari masyarakat luas. Bahkan disiarkan langsung secara off air di halaman depan dan on air dari Auditorium TVRI Pusat Jakarta.

Mereka kalangan artis yang ikut andil dalam pergelaran musik di antaranya: Millane Fernandez, Tompi, Citra Scholastika, Fungky Papua, Koes Hendratmo, Bob Tutupoly, Yuni Shara, Kristina, Benigno, Vina Panduwinata, Rhoma Irama, Yay Alatas, CherryBelle serta trio pembawa acara Chocky Sihotang, Ayu Dewi dan Rafie Ahmad yang diselingi penampilan trio pembawa acara Indra Bekti, Nycta Gina dan Chicka Jesicca. (santosa)

Teks :Dirut LPP TVRI, Farhat Sukri saat memberikan penghargaan Piala Gatra Kencana pada perwakilan TVRI Stasiun Jabar sebagai juara umum di Malam Puncak 50 Tahun Emas di Auditorium TVRI Senayan, Jakarta, Rabu (5/9) malam.