Wednesday, 20 November 2019

Keterbukaan Informasi

Badan Publik di Lampung Dimonitor

Minggu, 16 September 2012 — 23:45 WIB
iluslampung

LAMPUNG (Pos Kota) – Komisi Informasi Provinsi Lampung melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, di seluruh badan publik, selama bulan September 2012.

Ketua KI Lampung Juniardi mengatakan,a September ini dicanangkan sebagai bulan keterbukaan informasi, tepatnya 28 September, yang merupakan hari hak untuk atau hari keterbukaan informasi sedunia.” KI Provinsi melakukan monev di daerah, dan pusat melakukan monev di seluruh departemen, kementerian, dan Pemprov.” Kata Juniardi

Menurut Juniardi, monitoring akan difokuskan kepada kewajiban bagi badan publik yang diatur dalam UU KIP, terutama pasal 9, 10, 11, yang mengatur informasi informasi yang wajib disediakan, secara berkala, serta merta, dan setiap saat.

“Hasil monev akan diumumkan kepada publik, dengan rangking, siapa yang terbuka, dan yang tertutup. KI pusat juga sedang melakukan monev di provinsi Lampung, sementar Tim KI Lampung juga sedang bertahap melakukan monitoring. Kita monitoring merlalui laman website badan publik, dan visit ke badan publik. Intrumen yang kita nilai berpatokan pada UU, termasuk keberadaan PPID dan pelaksanaannya,” katanya. (Koesma)