Wednesday, 11 December 2019

32 Monitor Komputer Milik SDN Batu Ampar Dicuri

Jumat, 21 September 2012 — 17:33 WIB
monitorkum219

KRAMATJATI (Pos Kota) – Sebanyak 32 layar monitor, satu CPU, satu laptop, satu unit power suplai dan satu proyektor serta uang Rp1,2 juta yang ada di laci Kepala SDN Batu Ampar 06 Pagi, Kramatjati, Jakarta Timur, digondol pencuri, Jumat (21/9) dinihari. Diduga pelaku masuk ke ruang penyimpanan komputer dengan cara mencongkel jendela nako di bagian belakang ruangan.

Jumiyo, guru olahraga , mengatakan, pencurian ini diperkirakan terjadi pukul 03.30. Pencurian itu sendiri baru diketahui saat seorang penjaga sekolah, Kemis Suyanto, 45, akan melakukan bersih-bersih pukul 04.15. “Pak Kemis waktu melihat kondisi dua ruangan tersebut sudah berantakan dan langsung memberitahukan ke saya,” kaya Jumiyo.

Menurutnya, saat kejadian Kemis tengah tertidur lelap di rumah dinas penjaga sekolah. Sedangkan penjaga sekolah lainnya, Muhammad Rum, 26, tidur di rumahnya. “Saya langsung lapor kasus ini ke Polsek Kramatjati dan tak lama kemudian petugas ke sekolah melakukan identifikasi,” ujar Jumiyo.

Jumiyo menyebutkan, pelaku sebenarnya menggondol tiga unit CPU. Namun dua unit ditinggalkan pelaku di kebon belakang sekolah. Diduga pelaku tak dapat mengangkutnya lantaran kepergok warga yang akan pergi ke musala, menunaikan salat subuh. “Ada warga yang bilang pelaku berjumlah tiga orang dan kabur menggunakan taksi,” ujarnya.

Kepala SDN Batu Ampar 06 Pagi, Suhartati, mengatakan, 32 layar monitor, satu CPU, satu power suplai yang dicuri itu baru dikirim pihak kontraktor sebulan lalu. Sehingga barang-barang tersebut belum diserahterimakan ke pihak sekolah. Barang-barang tersebut juga belum dioperasikan dan kerugian ditaksir sekitar Rp100 juta.

“Rencananya, komputer ini akan digunakan sebagai perpustakaan elektrik bagi siswa kami yang berjumlah 450 murid. Kalau untuk laboratorium komputer kan ada tapi 40 komputernya tidak dicuri mungkin karena barang lama semua, mereka mencurinya yang bagus-bagus. Di ruang saya, pencuri membawa kabur satu laptop, proyektor dan uang,” kata Suhartati.

Menanggapi hal tersebut, Kapolsek Kramatjati, Kompol Imran Gultom, mengatakan, kasus pencurian ini sedang diselidikinya. Saat ini baru tiga orang yang dimintai keterangan sebagai saksi. (Ifand)