Tuesday, 12 November 2019

Antisipasi Tawuran Pelajar

Sekolah Akan Dirazia Cari Senjata Tajam

Jumat, 28 September 2012 — 17:31 WIB
razisme289

GAMBIR (Pos Kota) – Suku Dinas (Sudin) Pendidikan Menengah (Dikmen) Jakarta Pusat (Jakpus) akan menggandeng pihak kepolisian merazia senjata tajam di sekolah-sekolah. Hal ini sebagai salah satu upaya mencegah dan mengantisipasi terjadinya aksi tawuran pelajar.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan rencananya dalam waktu dekat akan digelar razia senjata tajam di sekolah-sekolah,” jelas Kepala Sudin Dikmen Jakpus, Zainal Abidin, Jumat (28/9).

Dikatakan, kepala sekolah dan guru pengajar juga telah diintruksikan untuk memperketat pengawasan kepada anak didiknya. Pengawasan tidak hanya di lingkungan sekolah namun tempat atau lokasi yang menjadi tempat berkumpulnya pelajar.

“Guru-guru juga sudah kami minta untuk terjun langsung ke lokasi tempat nongkrong pelajar dan mengawasinya. Karena ada kecenderungan mereka takut sama guru,” jelasnya.

Zainal menambahkan anak didik juga selalu diberikan arahan oleh guru dalam hal pembentukan karakter yang lebih baik. Bahkan pihak sekolah juga diminta untuk menambah jam pelajaran sehingga anak didik mempunyai kegiatan positip.

“Kegiatan yang ditambah misalnya ekstra kurikuler baik olah raga, seni budaya dan lain-lain. Sehingga tidak banyak waktu kosong dan kegiatannya juga terarah positip untuk mengembangkan bakat dan potensinya,” kata Zainal.

Kepada orang tua siswa juga diminta untuk lebih banyak memberi perhatian kepada anak-anaknya, agar tidak terjerumus dalam kegiatan yang negative seperti tawuran atau narkoba. Karena masalah kenakalan remaja tidak hanya tanggung jawab polisi atau sekolah tapi juga para orang tua. (tarta)

Teks : Dokumentasi pelajat tawuran diamankan polisi