Wednesday, 13 November 2019

Anak Kali Krukut Dipenuhi Sampah

Selasa, 2 Oktober 2012 — 15:57 WIB
krukutsam210

TANAH ABANG (Pos Kota)- Saluran anak Kali Krukut yang melintas di Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat dipenuhi sampah. Selain menebarkan bau busuk, gunungan sampah juga membuat saluran air mampet tak berfungsi.

“Nggak bisa mbayangin kalau tiba-tiba turun hujan, pasti air tumpah ke pemukiman warga,” ujar Ihksan, warga, Selasa (2/10).

Anak Kali Krukut yang melintas di RW 06 dan Rw 07 kelurahan Karet Tengsin memiliki panjang sekitar 500 meter dan ujungnya bermuara pada Kali Ciliwung. Sudah sejak lama saluran anak Kali Krukut tersebut dipenuhi dengan sampah rumah tangga. Mulai dari botol air mineral, sisa kain, sisa perabotan rumah tangga hingga aneka barang plastic.

Lurah Karet Tengsin Maskur mengatakan gunungan sampah itu akibat rendahnya kesadaran warga dalam membuang sampah. “Saluran sudah diibaratkan bak sampah, jadi bagaimana nggak penuh sampah,” katanya.

Saluran tersebut sebenarnya sudah sering dibersihkan.Namun akibat perilaku warga yang kurang disiplin membuang sampah, dalam waktu sekejap, saluran sudah penuh sampah lagi.

Untuk mengatasinya, ia bersama LMK Karet Tengsin berencana melakukan kerja bakti masal yang melibatkan warga dari dua RW tersebut. ““Kita akan kerahkan warga untuk bersama-sama terjun membersihkan anak Kali Krukut sebelum musim penghujan,” lanjut Maskur didampingi anggota LMK Karet Tengsin Budiyono.

Selain itu ia juga mengajukan usul agar Sudin PU Air Jakpus memasang jaring sampah di setiap saluran air rumah tangga yang bermuara di anak Kali Krukut tersebut. Tujuannya supaya setiap RW memiliki tanggungjawab untuk mengelola sampah yang ada disetiap lingkungan masing-masing. (inung)

Teks:Anak Kali Krukut di Karet Tengsin yang dipenuhi sampah rumah tangga.

  • gondo maruto

    wah…hati-hati musim hujan sudah mulai datang, banjir bakal melanda, kalo sampah ga segera dibersihkan