Wednesday, 16 October 2019

Akibat Demo, Pengusaha Trailer Rugi Rp 8 Miliar

Kamis, 4 Oktober 2012 — 19:53 WIB
trailet410

JAKARTA (Pos Kota) – Akibat aksi demo yang dilakukan ribuan buruh yang di depan Pintu 9 Pelabuhan Tanjungpriok, 3 Oktober 2012 kemarin menyebabkan anggota organda angkutan khusus pelabuhan (Angsuspel) Tanjung Priok rugi Rp 6 miliar.

Gemilang Tarigan, Ketua Organda Angsuspel mengatakan angka tersebut berdasarkan jumlah kendaraan angkutan barang dari dan menuju pelabuhan mencapai 12 ribu kendaraan per hari.

Jika dari jumlah tersebut dan hanya 50 persennya yang beroperasi atau 6.000 kendaraan saja yang berhasil mendistribusikan barangnya, sisanya baru hari Kamis mendistribusikannya, akibatnya jika satu kendaraan satu rit Rp 1 juta, maka ada Rp 6 miliar pendapatan yang hilang,” katanya.

Gemilang mengimbau kepada pemerintah, agar kerugian tidak menimpa pengusaha lagi sebaiknya segera merealisasikan tuntutan pendemo tersebut. Jika demo terus terjadi, maka pengusaha akan terus mengalami kerugian yang semakin besar.

“Ini hanya dari sisi angkutan saja, belum lagi pemilik barang dan pemilik kapal yang terlambat keluar dari pelabuhan karena harus menunggu barangnya tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, lantaran sopir menunda mengantar atau keluar Pelabuhan Tanjung Priok,” jelas Tarigan.

Aksi demo di depan pintu 9 Pelabuhan Tanjungpriok, Rabu (3/10). Sempat terjadi insiden kecil, dimana trailer yang tengah membawa muatan cargo dicegat massa yang lalu memecehkan kaca kendaraan, sehingga sopir trailer lainnya takut masuk maupun keluar Pelabuhan Tanjung Priok, sehingga memicu keengganan pemilik trailer mengeluarkan kendaraannya dan menunda hingga hari Kamis baru beroprasi. (dwi)