Tuesday, 12 November 2019

Takut Kali Grogol Meluap

Warga Desak Jembatan di Jalan Lebak Bulus Ditinggikan

Jumat, 12 Oktober 2012 — 23:34 WIB
luapgrog1210

CILANDAK (Pos Kota) – Warga rawan banjir luapan air Kali Grogol di RW 04, Kel. Lebak Bulus dan RW 04 Kel. Cilandak Barat mendesak Pemkot Jaksel secepatnya meninggikan jembatan yang melintas di Jl. Lebak Bulus I. Pasalnya, jika air meluap lingkungan mereka selalu kebanjiran akibat air tak lancar tersumbat bentang jembatan tersebut.

“Jembatan di Jl. Lebak Bulus I sudah sewajarnya ditinggikan agar air Kali Grogol bisa lancar mengalir sehingga mengurangi kekhawatiran warga sekitar tak kebanjiran,” kata Ny. Heri, warga RW 04, Kel. Lebak Bulus, Cilandak, Jumat (12/10).

Menurut dia, dangkalnya kali maupun rendahnya bentangan badan jembatan yang melintas di Jl. Lebak Bulus I menjadi salah satu penyebab banjir kiriman saat air Kali Grogol meluap akibat hujan di wilayah Depok maupun Bogor.

Ketinggian air saat tak hujan dari badan jembatan hanya sekitar 1 meter dan jika air meluap selalu terhalang atau terbendung badan jembatan sehingga air kali meluap ke rumah warga di lingkungan RW 04 Kel. Lebak Bulus dan RW 04, Kel. Cilandak Barat.

Kasudin Pu Jalan Jaksel Yayat Hidayat, mengatakan masalah perbaikan jembatan memang sudah masuk dalam program sekarang khususnya untuk meninggikan badan jembatan tersebut sehingga air nantinya bisa lancar mengalir.

Kegiatan peninggian atau perbaikan akan dilakukan bertahap karena dana yang turun baru sekitar Rp 600 juta dari rencana total sebesar Rp 3,6 milyar. “Ketinggian badan jembatan nantinya ditambah menjadi satu meter dan panjang nantinya mencapai 20 meter lebih,” tuturnya kalau sekaran ini panjang hanya enam meter saja. (anton)

Teks : Kali Grogol yang sering meluap membua tbanjir permukiman warga