Monday, 16 December 2019

Rusia Kian Kokph di Grup A

Belanda Bungkam Rumania 4-1

Rabu, 17 Oktober 2012 — 13:46 WIB
netherland1718

MOSKOW (Pos Kota) – Pada Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa pada Rabu (17/10) dinihari WIB, tinggal dua tim yang masih memimpin masing-masing grup dengan rekor sempurna. Adalah Rusia yang sukses memimpin Grup F, usai mengalahkan Azerbaijan di Moskow dan Belanda yang memimpin Grup D setelah mengakhiri perlawanan tuan rumah Rumania dengan skor telak 4-1 di Bukarest pada hari yang sama.

Belanda memimpin Grup D dengan 12 poin dari empat laga. Skuad asuhan Louis van Gaal itu unggul tiga angka dari Hungaria dan Rumania di posisi kedua dan ketiga. Selanjutnya, Turki dan Estonia menempati urutan keempat dan kelima Grup D dengan tiga angka, disusul Andorra tanpa angka. Belanda berhasil membungkam perlawanan Rumania, berkat gol Jeremain Lens di menit kesembilan, Bruno Martins Indi (29′), Rafael van der Vaart (penalati, 44′), dan Robin van Persie (86′).

Sedangkan Rumania hanya mampu mencetak satu-satunya gol balasan lewat Ciprian Marica pada menit ke-41. Pada laga lainnya di Grup D, Estonia kalahkan Andorra 1-0, berkat gol tunggal Andres Oper (57′) dan Hungaria gilas Turki 3-1.

Sedangkan di Grup A, Rusia yang memimpin Grup F dengan poin sempurna, 12 angka, usai mengalahkan Azerbaijan 1-0 berkat gol tunggal Roman Shirokov (penalti, 84′).

Tim asuhan Fabio Capello itu unggul lima angka dari Israel dan Portugal di urutan kedua dan ketiga. Selanjutnya, Iralndia Utara di posisi keempat dengan dua angka, disusul Azerbaijan dan Luksemburg dengan masing-masing satu angka. Israel sendiri berhasil naik di urutan kedua setelah menggilas Luksemburg 3-0, sementara Portugal harus lengser di urutan ketiga pasca ditahan 1-1 oleh Irlandia Utara.

Swiss memimpin Grup E dengan 10 poin, disusul Norwegia (7), Albania (6), Islandia (6), Slovenia (3), dan Siprus (3). Kepastian itu ditentukan setelah Swiss tekuk Islandia 2-0, Siprus kalah 1-3 dari Norwegia, dan Albania kalahkan Slovenia 1-0.

Di Grup G, Bosnia-Herzegovina dan Yunani memimpin dengan 10 poin, disusul Slowakia (7), Lithuania (4), Latvia (3), dan Liechtenstein tanpa angka. Hasil itu ditentukan usai Bosnia-Herzegovina gilas Lithuania 3-0, Yunani kalahkan Slovakia 1-0, dan Latvia tekuk Liechtenstein 2-0. (junius)

Teks : Timnas Belanda yang kian mantap di Grup D babak kualifikasi setelah membungkam Rumania 4-1