Wednesday, 11 December 2019

Seriusnya PLN Buat Mobil Listrik

Senin, 29 Oktober 2012 — 11:34 WIB
green

PROYEK mobil listrik Perusahaan Listrik Negara (PLN) sepertinya memang serius. Perusahaan itu bahkan rela merogoh kocek hingga Rp1,62 miliar untuk penelitian dan pengembangan tiga  mobil listrik jenis city car. Salah satunya yang sudah diujicoba mantan Dirut PLN Dahlan Iskan yang ditulisi Let’s Green & Go Electric.

Tidak hanya menyiapakn mobil listriknya PLN juga menyiapkan charging stationnya (stasiun pengisian listrik umum (SPLU). Dengan demikian, menurut  Bagus Setiawan, Ketua tim pengembangan Electric Vehicle PLN , tidak hanya sebagai inisiator tetapi juga katalisator. Bahkan ke depannya PLN akan menjadi regulator seperti Pertamina dalam penyaluran BBM, untuk menentukan model bisnis ke depannya termasuk kesiapan infrastruktur kelistrikan.

Kalau semua ini terwujud dan berhasil, kata dia, kelak akan terjadi penghematan BBM yang luar biasa. “Paling tidak akan terjadi efisiensi yang cukup lumayan, bisa dua kali lipat apabila pengguna BBM beralih ke kendaraan listrik.”

Berdasarkan data Bappenas, konsumsi BBM nasional mencapai 40 juta kiloliter, dan 48 persennya dikonsumsi untuk sisi transportasi, 22 persen untuk Industri, 19 persen untuk rumah tangga, dan 11 persen untuk Listrik. Dari sekitar 20 Juta kiloliter untuk sisi transportasi, mobil pribadi mengkonsumsi 7,8 juta kilo liter atau sekitar 39 persen, mobil umum 36 persen, Sepeda motor 15 persen, dan Bus 10 persen.

Memang akan ada peningkatan konsumsi BBM dari PLN tapi angkanya jauh lebih rendah dibandingkan langsung dikonsumsi kendaraan. “Jika dikonsumsi kendaraan langsung tingkat efisiensinya hanya 14 persen tapi kalau melalui listrik menjadi 28 persen,” ujar Bagus

PLN tidak hanya ngotot membuat mobil listrik tetapi juga motor listrik. PLN mulau mentenderkan pengadaan 1000 sepeda motor listrik buatan dalam negeri. Tujuannya sama mencapai ketahanan energi nasional dengan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar minyak (BBM). “Rencananya  Oktober ini  untuk 1.000 sepeda motor listrik,” ungkap Bagus, belum lama ini.

Rencanannya, 1000 sepeda motor listrik ini sudah disiapkan PLN untuk dibagikan  kepada TNI/Polri, Guru-guru di daerah terpencil.  Selain itu juga sebagai kendaraan operasional pegawai PLN. (*)