Thursday, 12 December 2019

Raih Kemenangan Ajaib, Arsenal Kian Melaju

Rabu, 31 Oktober 2012 — 11:29 WIB
Arsenal's Chamakh celebrates with team mate Walcott after scoring against during their English League Cup soccer match at Madejski Stadium in Reading

READING (Pos Kota) – Pelatih Arsenal, Arsene Wenger, mengaku senang dengan performa anak-anak asuhnya setelah menang 7-5 atas Reading pada putaran keempat Piala Carling atau Capital One Cup di Stadion Madejski, Rabu (31/10) dinihari tadi. Pelatih asal Prancis itu menilai jika kemenangan tersebut sebagai keajaiban.

Betapa tidak, dalam laga tersebut, Arsenal sebenarnya sudah tertinggal empat gol, lewat usaha Jason Roberts (12′), Laurent Koscielny (bunuh diri, 18′), Mikele Leigertwood (20′), dan Noel Hunt (37′). Arsenal sendiri baru bisa memecah kebuntuan lewat gol Theo Walcott di penghujung babak pertama. Namun skuad Wenger itu akhirnya bisa menyamakan kedudukan 4-4, berkat gol tambahan Olivier Giroud (64′),  Laurent Koscielny (89′), dan gol kedua Walcott di penghujung laga.

“Banyak sekali titik balik dalam pertandingan ini. Saya percaya gol pertama yang membuat kedudukan menjadi 4-1 sangat penting. Ketika Olivier Giroud masuk untuk bermain menyerang dengan skema 4-4-2, kami mulai banyak peluang dan kami beruntung bisa mencetak gol di menit akhir pertandingan. Anda tidak dapat bermain bagi Arsenal jika gampang menyerah. Para pemain mengerti hal itu seusai babak pertama,” ujar Wenger seperti dilansir BBC.

Hasil imbang 4-4 sepanjang 90 menit pertandingan kemudian memaksa kedua tim memainkan babak yambahan waktu 2×15 menit. Hasilnya, Arsenal berhasil membalikkan keadaan dan memastikan kemenangan 7-5 untuk melangkah kian melaju fase selanjutnya. “Keajaiban terjadi. Mereka harus diberikan pujian lebih atas respons yang sangat bagus itu. Babak tambahan jadi milik kami, dan laga hari ini seperti pertandingan tenis,” lanjut Wenger.

Di babak tambahan waktu, Arsenal mampu membalikkan keadaan berkat gol Marouane Chamakh (103′), sebelum Reading menyamakan skor 5-5 lewat gol Pavel Pogrebnyak (116′). Arsenal akhirnya bisa memastikan kemenangan 7-5 berkat hatrick Walcott dan gol kedua Chamakh di penghujung 120 menit pertandingan. Pada laga lainnya, Sunderland disingkirkan Middlesbrough 1-0, Aston Villa depak Swindon 3-2, Athletic Wigan takluk 2-4 dari Bradford, dan Leeds    United gilas Southampton 3-0.

(junius/sir)