Monday, 14 October 2019

Oleh Pria Warga Negara China

Narkoba Dimasukkan ke Sepatu Gagal Diselundupkan

Kamis, 1 November 2012 — 19:17 WIB
barangbukti111

TANGERANG (Pos Kota) – Seorang pria WN Cina ditangkap petugas Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng karena menyelundupkan narkotika jenis Ketamine dan Sabu-sabu dengan jumlah total 1063 gram. Barang haram dengan nilai estimasi Rp 1,9 miliar tersebut diselipkan tersangka di kedua sepatunya.

Tersangka berinisal JD,24, ditangkap di Terminal II D Bandara Soekarno Hatta. Pada saat dipemeriksa barang bawaan oleh petugas, pria yang baru saja turun dari pesawat China Airlines CI-679 rute Hongkong-Jakarta itu kedapatan membawa narkotika . Oleh petugas, tersangka kemudian dibawa ke kantor Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta untuk dilakukan pengembangan.

Kepala Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta, Oza Olivia mengatakan, tersangka ditangkap setelah petugas mencurigai gerak gerik tersangka yang saat itu akan melewati pemeriksaan tubuh dan barang bawaan. Melihat tersangka yang ketakutan tersebut, petugas akhirnya menggeledah tubuh tersangka setelah sebelumnya memeriksa tas yang dibawa tersangka.

Kecurigaan petugas terbukti, 11 bungkus berisi kristal bening ditemukan di sepatu sport warna merah putih yang dikenakannya. Setelah diamati di laboratorium, kristal bening tersebut merupakan Ketamine dan Sabu-Sabu.

“Kami temukan 5 bungkus di sepatu kiri dan 6 bungkus di sepatu kanannya. Dan setelah diperiksa di lab, 10 bungkus dengan berat 966 gram berisi Ketamine dan satu bungkus lagi dengan berat 97,9 gram berisi Sabu,” kata Oza.

Kepada petugas, kata Oza, tersangka yang tidak fasih berbahasa Inggris itu memberikan keterangan berbelit-belit. Setelah petugas memanggil penterjemah bahasa Cina, JD pun akhirnya mengakui jika dirinya disuruh oleh seseorang pria berinisal A asal Indonesia membawa barang haram tersebut dari Cina. Jika berhasil mengantar narkotika tersebut, JD mengaku diupah 3 ribu yuan atau setara Rp 5 juta.

Tak hanya itu, pria asal Cina tersebut mengaku jika ini adalah aksi keduanya. Sebelumnya, JD melakukan penyelundupan sabu-sabu dalam jumlah kecil ke pria berinisial A tersebut di daerah Jakarta Pusat.

“JD juga mengaku pernah dua kali ke Indonesia dengan membawa sebagian kecil barang seludupan, namun Aksi keduanya dirinya berhasil ditangkap,”ungkap Oza.

Kasat Narkoba Polres Bandara Soekarno Hatta, AKP Alamsyah Fetupesi mengatakan, pemilik barang haram tersebut berhasil melarikan diri ketika polisi mendatangi lokasi yang dijanjikan di daerah Jakarta Barat. Pihak menduga jika JD merupakan anggota sindikat narkotika Internasional. Untuk itu, pihaknya saat ini tengah memburu pemilik barang haram yang sudah diketahui identitasnya di Jakarta Pusat. “Diduga si pemilik sudah tahu jika kurirnya sudah tertangkap. Karena ketika kami mendatangi lokasi yang dijanjikan, si pemilik barang itu sudah kabur,” kata Alam. (C3)

Teks : Narkoba yang dimasukkan ke sepatu gagal diselundupkan

  • PUJIANTARTO

    PEMAKAI , PENGEDAR ,MAKELAR , PABRIK NARKOBA HARUS DIHUKUM MATI