Thursday, 14 November 2019

JMCS 2012, Arena Adu Teknologi Kendaraan Roda Dua

Senin, 5 November 2012 — 10:57 WIB
jmc-1

SEMUA anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yaitu Honda, Kawasaki, Suzuki  dan Yamaha menghadirkan berbagai produk baru kendaraan roda doa di Jakarta Motor Cycle Show (JMCS) 2012 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, pada 31 Oktober hingga 4 November lalu.

Di ajang JMCS kali ini, Yamaha menghadirkan dua produk terbarunya  New V-Ixion “Lightning” dan Soul GT Street Series. New V-Ixion “Lightning” didesain  Sakata-san yang juga mendesain motor sport Yamaha, YZF-R1. Maka wajar kalau  tampilan New V-Ixion “Lightning”  kental dengan sentuhan YZF-R1 yang berkesan sporty.

Bagaimana dengan Soul GT Street Series? Motor ini  merupakan pengembangan dari Mio Soul yang disempurnakan dengan teknologi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI).

Selai dua produk tersebut,  Yamaha juga menghadirkan konsep kendaraan produksi Jepang seperti EC Miu, Moyegi, Ryoku, T-Max, TTR50 dan PW50. Semua produk ini ditampilkan di booth Yamaha yang bertema “DNA, teknologi lahir di Moto GP”. DNA Yamaha  terdiri dari tiga  unsur yang kental pada tiap produk Yamaha, yakni  desain  stylist, teknologi inovatif dan tampilan sporty.

Booth Kawasaki memperkenalkan tiga varian Ninja  model ZX-14R dan ZX-6R 636 untuk segmen sport, serta Versys untuk segmen touring yang seluruhnya hadir dengan kapasitas mesin  besar. Kawasaki Ninja ZX-14R memiliki mesin berkapasitas 1.441cc, Kawasaki Ninja ZX-6R hadir dengan mesin 599cc dan Versys dibekali mesin berkapasitas 649cc.

Ninja  sporty hadir untuk menarik minat  pengunjung serta konsumen  Kawasaki. Jangan harap motor ini bisa didapat sekarang karena ketiga  kendaraaan ini baru  diluncurkan secara resmi awal tahun 2013. Lineup produk lain yang bisa ditemui di booth Kawasaki adalah, antara lain  varian trail, dimana Kawasaki menghadirkan model KLX 250, D-Tracker 250, KLX 150, D-Tracker 150 serta KSR 110.

Honda juga membuka  selubung motor sport terbaru mereka, Honda CB150R StreetFire. Produk baru ini hadir dengan mesin DOHC, 6 Speed Inheritance of CBR150R Engine dengan menggunakan New Innovative Truss Frame. Booth Honda mengangkat tema “One Heart for Loving Indonesia” di tiga area;   “Better Performance for Loving Indonesia”, Environment and Safety for Loving Indonesia” maupun  “Advanced Technology for Loving Indonesia.”

Selain produk anyar itu, Honda juga  menghadirkan  produk andalannya seperti Honda CRF 450R, Honda CRF 250 L, Honda CBR600RR, Honda CB1000R, Honda CBR250R dan Honda CB150R. Ada juga  Honda RC212V yang merupakan kendaraan tim Repsol Honda di  MotoGP, atau produk  The All New Honda BeAT PGM-FI, Honda PCX 150, Honda Vario Techno 125 PGM-FI, Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI, dan Honda Spacy Helm in PGM-FI.

Sementara itu, Suzuki  meluncurkan  Suzuki Let’s yang merupakan “skutik fashion sporty” pertama di Indonesia dengan teknologi Fuel Injection (FI). Suzuki Let’s hadir dengan dua tipe, yakni Let’s Sporty dan Let’s Premium. Ada juga   motor sport Suzuki Inazuma, dan motor-motor yang secara khusus didatangkan dari Jepang, seperti Hayabusa 1300, RM-Z 250, Skywave 250 dan GSV-R 1000 yang merupakan Replika Moto GP.

Selain anggota AISI, hadir juga  kendaraan roda dua yang sangat terkenal seperti Ducati, TVS maupun merek lainnya.  Kehadiran Ducati di pameran tersebut, juga mampu menyedot perhatian pengunjung.

Tak hanya kendaraan roda dua, industri pendukung juga hadir menyemarakkan JMCS 2012. Sebut saja  helm maupun  aksesoris lainnya yang bisa dijumpai di berbagai sudut JMCS.  Helm tampaknya menjadi incaran para biker di JMCS karena  panitia memang  menyiapkan program “Bazaar Helm Murah”, di mana setiap harinya akan ada 300 helm yang dijual dengan potongan harga lebih dari 40% dari harga asli.(ian)