Saturday, 07 December 2019

Alonso-Vettel Bersaing Raih Juara F1

Jumat, 16 November 2012 — 14:17 WIB
vetel-alonso

TEXAS (Pos Kota) – Fernando Alonso (Ferreri/Spanyol)  berusaha tetap tenang menghadapi seri balapan Formula Satu (F1) yang sangat menentukan dalam perburuan gelar Juara Dunia musim 2012. Alonso tengah bersaing dengan kadindat utama lainnya Sebastian Vettel (Red Bull Renault/Jerman) untuk keluar sebagai Juara Dunia musim ini.

Mereka akan menghadapi akhir pekan krusial di GP Amerika Serikat, Minggu (18/11) atau Senin WIB.

Alonso dan Vettel menunjukkan rivalitas sengit di musim ini. Alonso kini berada 10 poin di belakang Vettel. Alonso maish punya peluang  untuk merebut juara dunia dengan dua seri tersisa musim ini.

Alonso berada dalam posisi genting alias tidak nyaman dibanding Vettel. Namun ia punya pengalaman yang sama,  pernah berada dalam situasi seperti sekarang ini manakala  di musim 2006 saat bersaing dengan Michael Schumacher (Jerman). Alonso mampu keluar dari tekanan hebat dan  keluar menjadi juara dunia untuk kedua kalinya. Dan hal itu tak menutup kemungkinan untuk terulang lagi untuk musim 2012 ini.

Bagi Alonso mental merebut mahkota juara dunia musim ini menjadi lebih kuat. “Saya lebih rileks dan sangat fokus. Saya akan berlomba dengan kemampuan terbaik tanpa memikirkan hal di luar itu,” ucap  Alonso seperti dirilis Crash.net.
Alonso masih mengingat betul musim 2006 saat harus bersaing ketat dengan Michael Schumacher hingga seri terakhir di GP Brasil.”Ketika itu, saya berada di bawah tekanan. Pekan sulit buat saya tetap menjaga konsentrasi. Itu momen emosional,” beber Alonso.

Namun Alonso juga tidak selamanya bisa mengatasi posisi genting alias krusial. Musim 2007 dan 2010,  Alonso harus menyerahkan gelar juara dunia ke tangan rivalnya. Di tahun 2007 Alonso harus mengakui keunggulan Kimi Raikkonen, sedang di musim 2010, Alonso memberikan mahkota juara dunia kepada Vettel.

“Kegagalan itu membuat saya lebih bijaksana. Itu mengajarkan saya harus menyiapkan diri sebaik mungkin. Dan  dua balapan terakhir, saya merasa semua berjalan sesuai rencana. Ini ke-4 kalinya saya harus berjuang sampai balapan terakhir. Sehingga, ini menjadi pengalaman bagus. Jadi, konsentrasi saya harus tetap terjaga,” pungkas Alonso.

(prihandoko/sir)