Thursday, 12 December 2019

Di Indramayu

Pemerintah Klaim Pengangguran Menurun 30 Persen

Jumat, 16 November 2012 — 1:06 WIB
iluspemerin

INDRAMAYU (Pos Kota) – Jumlah pencari kerja di Indramayu menurun sekitar 30 hingga 40 persen sehingga jumlahnya menjadi 8 ribuan orang. Padahal, posisi Mei 2012, jumlah pengangguran yang dicatat Dinsosnakertrans Indramayu mencapai 11.897 orang.

Kepala Dinsosnakertrans Indramayu H. Wawang Irawan, SH, MH dihubungi Pos Kota, mengemukakan, salah satu upaya penurunan pengangguran di Indramayu itu dilakukan dengan menjalin kerja sama dengan pemerintah termasuk BUMN, BUMD dan perusahaan swasta dalam menyalurkan tenaga kerja.

Sebelum menjalin kerja sama itu, kata Wawang Irawan, Dinsosnakertrans Indramayu terlebih dahulu mengadakan pelatihan-pelatihan kerja yang dibiayai dari APBD kabupaten maupun provinsi. Setelah memiliki bekal ketrampilan, para angkatan kerja itu disalurkan ke ke sejumlah BUMN, BUMD dan perusahaan swasta.

Melalui pelatihan kerja, jumlah pengangguran berkurang antara 30 sampai 40 persen. Pelatihan kerja memberikan bekal para pencari kerja untuk membuka usaha sendiri yang berdampak kepada saudara-saudara yang lainnya.

Wawang Irawan, menjelaskan tingginya angka pengangguran di Indramayu salah satunya dipengaruhi minimnya informasi lowongan pekerjaan. Selain itu, perusahaan juga sulit memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.

Untuk mengatasi kondisi itu, pihaknya menggelar bursa lowongan kerja. Bursa lowongan kerja yang dibuka akhir Juni 2012, terdapat 9.841 lowongan kerja yang diperebutkan para pencari kerja di Indramayu. “Dari jumlah lowongan kerja sebanyak itu, lowongan kerja lokal sebanyak 3.872 orang, lowongan antardaerah 680 orang dan lowongan antarnegara 5.289 orang, ” katanya.(taryani).