Wednesday, 23 October 2019

Cuaca Buruk, Kapal di Merak Sulit Sandar

Jumat, 23 November 2012 — 13:56 WIB
kapal

MERAK (Pos Kota) – Cuaca buruk yang melanda  Perairan Selat Sunda mengakibatkan kapal roll on roll off (roro) yang biasa melayani pelayaran Pelabuhan Merak – Bakauheuni, kesulitan sandar. Kuatnya alur laut mengharuskan para nahkoda kapal harus ektra hati-hati menyandarkan kapalnya. Meski demikian, cuaca buruk yang sudah berlangsung beberapa hari ini tidak mempengaruhi distribusi barang ke Pelabuhan Bakauheuni.

Menurut Mario Sardadi Oetomo, Humas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, akibat kesulitan sandar aktivitas bongkar muat menjadi tergangggu. “Yang biasanya hanya membutuhkan waktu 1 1/2 jam untuk bongkar muat, dalam kondisi cuaca seperti ini dibutuhkan waktu 2 hingga 3 jam,” ungkap Mario, dihubungi Jumat (23/11/2012).

Meski mempengaruhi waktu sandar, lanjut Mario, cuaca buruk di perairan Selat Sunda ini tidak berdampak pada aktivitas pelayaran Pelabuhan Merak – Bakauheuni. “Meski kondisi cuaca kurang begitu baik namun tidak mempengerahui lalulintas pelayaran. Semuanya berjalan lancar dan tidak ada antrian kendaraan baik truk maupun kendaraan pribadi,” terang Mario.

Guna mengantisipasi jika kapal-kapal roro kesulitan sandar, kata Mario, PT ASDP sudah menyiagakan kapal tug boat dari berbagai perusahaan yang di disekitar Merak. Kapal tug boat ini dapat membantu para nahkoda kapal jika kesulitan sandar di dermaga. “Kapal tug boat ini dalam posisi on call, sewaktu-waktu bisa dipergunakan,” kata Mario.

Lebih lanjut dikatakan Mario, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dan kendaraan menghadapi akhir pekan, PT ASDP Merak mengoperasikan kapal roro sebanyak 26 unit. “Kita lakukan upaya pelayanan maksimal karena khawatir terjadi lonjakan penumpang dan kendaraan.”

(haryono/sir)