Monday, 16 December 2019

Dioplos Dengan Soda

Dua Pemuda Tewas Pesta Minum Ginseng

Kamis, 6 Desember 2012 — 22:03 WIB
ilusdua

DUREN SAWIT (Pos Kota) – Pesta gingseng oplosan yang dilakukan tujuh pemuda berujung maut. Dua pemuda warga Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, tewas usai menenggak minuman jenis gingseng yang campur minuman soda dan lotion antinyamuk.

Toyo, 25 dan Uki, 25, yang menenggak miras Minggu (2/12) awalnya pingsan terus menerus. Hingga akhirnya kedua pria ini tewas usai jalani perawatan di rumah sakit. “Mereka habis minum gingseng, setelah itu mengeluh sakit dan sering pingsan,” ujar Yuli, 40, salah seorang kerabat korban.

Diceritakan Yuli, ketujuh pemuda yang masih satu keluarga itu, Jamir 22, Odor, 25, Dayat, 22, Frans, 22, Anggi, 22, Marjuki, 25, dan Fauzi, 25 mencoba minum gingseng. Namun karena kedua korban dalam kondisi perut kosong, keduanya tak berapa lama kemudian jatuh pingsan.

Diceritakan Yuli, pesta miras itu dilakukan sejak Minggu (2/12) sore pk 16.00 hingga Senin (3/12) pagi tanpa istirahat. Selanjutnya mereka tertidur dan sekitar pukul 12.00 WIB mereka bangun dan melanjutkan pesta minuman keras tersebut. “Mereka minum sampai Selasa (4/12) malam,” tuturnya.

Namun, nahas menimpa Uki, 25. Setelah dia menenggak minuman itu selama berhari-hari, pemuda itu pingsan hingga dibawa ke Rumah Sakit Islam, Pondok Kopi, Jakarta Timur Rabu (5/12) pk. 13.00 WIB. Dia mengeluh kepada temannya bahwa perutnya sakit seperti ditusuk-tusuk. Sekitar tiga jam bertahan di Rumah Sakit, nyawa Uki tidak dapat diselamatkan. Dia tewas pk. 16:00.

Sementara Toyo, 25, masuk Rumah Sakit Islam, Pondok Kopi, Jakarta Timur Rabu (5/12) pk 16:00 dan mengeluhkan hal yang sama. Setelah sembilan jam dirawat, Kamis (6/12) dinihari sekitar pk. 01:00 WIB Toyo pun menghembuskan nafas terakhirnya.

Jasad Uki dan Toyo telah dimakamkan di TPU Pondok Kelapa. Sementara kelima teman Toyo dan Uki yang bersama-sama menenggak miras masih dalam keadaan sehat. Kelimanya dimintai keterangan oleh Polsek Duren Sawit.

Kapolsek Duren Sawit, Kompol Imran Gultom, mengaku telah memeriksa kelima orang tersebut. Dari pengakuannya, minuman gingseng yang mereka siapkan dicampur dengan minuman soda dan lotion antinyamuk. “Kedua korban yang tewas, saat minum diduga perutnya dalam keadaan kosong,” tuturnya. (Ifand)