Thursday, 21 November 2019

Musibah di Pertambangan Emas

Lima Gurandil Tertimbun, Seorang Tewas

Selasa, 11 Desember 2012 — 0:12 WIB
guramate1012

SUKABUMI (Pos Kota) – Lima penambang emas atau dikenal dengan sebutan gurandil tertimbun longsor ketika melakukan aktivitasnya di Desa Cicadas, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (10/12) malam.

Satu gurandil ditemukan tewas sementara empat orang lainnya luka serius dan terpaksa dilarikan untuk mendapatkan pengobatan. Hingga Selasa dinihari (11/12), baru seorang gurandil ditemukan tewas.

Seorang gurandil yang ditemukan tewas bernama Aep, 45, yang kini jenazahnya di RSUD Pelabuhanratu tercatat sebagai warga Kampung Cireksa RT 03/02, Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Saat ditemukan, bagian kepala Aep pecah. Kuat dugaan, kepala tersebut tertimbun longsoran tanah dan bebatuan. Sementara, tiga korban lainnya tengah menjalani pengobatan di Puskesmas Cicadas dan seorang lagi dirawat di RSUD Pelabuhanratu.

“Mengenai jumlah yang tertimbun belum bisa dipastikan. Sampai sekarang baru lima orang yang dievakuasi, satu di antaranya ditemukan tewas,” kata Ketua Badan Search And Rescue Daerah (BASARDA) Kabupaten Sukabumi, Okih Fajrie A saat dihubungi Pos Kota.

Menurut Okih, rencana pencarian korban akan dilanjutkan Selasa pagi. Pasalnya, untuk menempuh medan longsor cukup sulit. Rencananya, proses pencarian akan dilanjutkan esok hari.

Sekretaris Kecamatan Cisolok, Yeti W Heryati mengakui telah mendapatkan kabar adanya bencana longsor dan jembatan Cikahuripan putus yang ada di wilayahnya. Saat ini, kata Yeti, mereka masih melakukan pengecekan dan pendataan. (sule)

Foto ilustrasi