Monday, 18 November 2019

10 Orang Luka Parah

Sudah Dua Gurandil Ditemukan Tewas Tertimbun

Selasa, 11 Desember 2012 — 16:34 WIB
LONGSOR1112

SUKABUMI (Pos Kota) – Lagi, seorang gurandil (penambang emas liar), ditemukan tewas tertimbun longsor di Gunung Buleud tepatnya di Kampung Cibongbong Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ditemukan tewas, Selasa (11/12). Korban tewas ketika menggali di perbukitan Gunung Buleud bersama beberapa gurandil lainnya.

Dengan ditemukannya mayat Yanto, 21, asal Kampung Pasir Ceuri, Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas berarti korban tewas menjadi dua orang. Korban pertama Aep, 45, asal warga Kampung Cireksa RT 03/02, Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Berdasarkan catatan sementara Badan Search And Rescue Daerah (Basarda) Kabupaten Sukabumi Selasa (11/12) hingga pukul 16.00 WIB seluruh korban yang dievakuasi baru 10 orang. Dua di antaranya ditemukan tewas, dan sisanya luka serius dan ringan. Masing-masing korban yang mengalami luka sejauh ini masih dalam perawatan medis.

“Baru 10 korban ditemukan. Dua tewas, dan sisanya luka serius tertimbun longsor. Mengenai jumlah korban yang tertimbun kita sejauh ini masih belum bisa memastikannya. Namun diperkirakan masih ada korban lainnya,” kata Ketua Basarda Kabupaten Sukabumi, Okih Fajrie A saat dihubungi Pos Kota.

Proses pencarian korban longsor, kata Okih, selain melibatkan puluhan aparat TNI dan Polri juga dibantu puluhan relawan. Bahkan, pencarian besok Rabu (13/12) akan melibatkan tim dari Basarnas.

“Untuk hari ini pencarian dihentikan sementara. Kita akan lanjutkan besok karena cuaca dan medan yang cukup sulit. Sekarang saja tampaknya akan turun hujan makanya terpaksa dihentikan karena khawatir longsor susulan,” ujarnya.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo menambahkan, operasi pencarian terus dilakukan di beberapa titik. Pencarian dilakukan secara manual dengan berbagai peralatan seadanya. Pasalnya, kendaraan alat berat tidak dapat diturunkan karena lokasi berada di perbukitan.

“BPBD telah membantu mengenai logistik tim pencari. Kami juga meninjau bencana alam lainnya yang terjadi di Kecamatan Cisolok,” tegasnya. (sule)

Teks : Lokasi longsor di tambang emas liar di Cisolok, Sukabumi