Sunday, 15 December 2019

Di Perbatasan

Cegah Penyakit, Jaksel Vaksin Ribuan Hewan Penular Rabies

Selasa, 25 Desember 2012 — 10:34 WIB
kucing-sub

KEBAYORAN BARU (Pos Kota) – Mencegah penularan penyakit rabies dari hewan penular rabies (HPR) dari kawasan perbatasan, Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Selatan sepanjang 2012 memvaksinasi 2.104 HPR dari target 3.000 ekor HPR.

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) Sudin Peternakan dan Perikanan Jaksel, Nurhasan menyebutkan kawasan Jaksel yang berbatasan langsung dengan Depok dan Tangerang Selatan berpotensi masuknya HPR seperti anjing liar dan kucing liar.

“Dari target 3 ribu HPR, selama 2012 kami hanya memvaksinasi 2104 HPR karena belum semua data dari dokter hewan yang praktek di Jaksel masuk ke Sudin Peternakan dan Perikanan Jaksel,” kata Nurhasan, Selasa (25/12).

Lazimnya anjing dan kucing liar dikirim ke Balai Kesehatan Hewan dan Ikan di Ragunan untuk diobservasi. Adapun khusus HPR yang membahayakan atau positif rabies langsung dieliminasi agar perkembangbiakannya dapat dikendalikan.

Nurhasan mengimbau pemilik anjing, kucing dan kera supaya memperhatikan kesehatan hewannya sesuai Perda No 11/1995 tentang Pengawasan Hewan Rentan Rabies. Seperti frekuensi vaksinasi dan penempatan kandang. Jika aturan ini tidak dipenuhi, pihaknya akan merazia dan mengirim hewan tersebut ke Balai Kesehatan Hewan dan Ikan di Ragunan.

Selain vaksinasi, mencegah penyebaran penyakit rabies, Sudin Peternakan dan Perikanan Jaksel pada 2012 menangkap 363 ekor HRP yakni 2 ekor kera, 25 ekor anjing dan 336 ekor kucing. Razia HPR ini juga mengacu Perda No 11/1995 tentang penertiban dan pengawasan hewan rentan rabies. “Razia hewan penyebar rabies terus akan dilakukan di sejumlah lokasi di Jaksel karena penyakit ini sangat berbahaya bagi keselamatan jiwa manusia,” ujarnya.

Tak hanya itu menekan populasi kucing liar di Jaksel, Sudin Peternakan dan Perikanan pada 2012 telah mengebiri 270 ekor kucing liar yang berpotensi sebagai HPR.

(rachmi/sir)

 

Foto-Ilustrasi

Terbaru

Menteri Kelautan dan perikanan menyerahkan penghargaan pada  para pemenang kegiatan Hari Ikan Nasional ke-6 tahun 2019.(ist)
Minggu, 15/12/2019 — 11:33 WIB
Lewat Kampanye Gemar Makan Ikan
Menteri KKP Ajak Ibu-Ibu PKK Berperan dalam Pemberantasan Stunting
Dirut BPJAMSOSTEK Agus Susanto didampingi PPS Deputi Direktur Bidang HUmas dan Antar Lembaga M. Erfan.(tri)
Minggu, 15/12/2019 — 10:55 WIB
Disalurkan Melalui Baznas
Dana Registrasi Relay Marathon BPJAMSOSTEK untuk Melindungi Pekerja Rentan