Tuesday, 12 November 2019

Bisnis Plastik Daur Ulang Semakin Menggiurkan

Jumat, 25 Januari 2013 — 6:20 WIB
ilusbisnis

INDRAMAYU (Pos Kota) – Bisnis plastik daur ulang bekas kemasan air mineral di Indramayu Jawa Barat nampaknya semakin cerah. Hal itu dibuktikan dengan kian tingginya permimtaan plastik daur ulang yang dipasok dari para tengkulak plastik daur ulang yang ada di daerah ini.

Wasta, 23 salah seorang pekerja yang tengah menjemur plastik daur ulang menyebutkan, plastik daur ulang bekas kemasan minuman mineral dibeli dari pemulung barang bekas melalui pengepul atau tengkulak seharga Rp3.500 per Kg.

Sebelum digiling ke dalam mesin penghancur, botol atau gelas plastik bekas minuman mineral itu harus terbebas dari label atau merk yang yang masih menempel. Sesudah botol atau gelas plastik bekas kemasan air mineral itu benar benar bersih, maka botol atau gelas plastik bekas kemasan air mineral itu digiling ke mesin daur ulang sehingga keluar sudah berbentuk potongan potongan kecil.

Agar tak tercampur dengan kotoran lain, serpihan plastik daur ulang itu dicuci lalu dijemur di bawah sinar matahari yang panas.

Serpihan plastik daur ulang yang sudah dikering dimasukkan ke dalan karung plastik dan ditimbang. Harga jual per Kg mencapai Rp7 ribu.

Seminggu seorang pengusaha daur ulang plastik bisa menjual 10 kwintal hingga 25 kwintal plastik daur ulang ke pengepul utama plastik daur ulang yang akan mengirimkannya langsung ke pabrik yang memproduksi plastik kemasan air mineral.

Disebutkan, berapapun jumlahnya pengiriman plastik daur ulang itu akan diterima pengepul utama yang ada di Kabupaten Cirebon. “Jadi kiriman plastik daur ulang itu tidak dibatasi jumlahnya. Malahan pabrik minta agar kita meningkatkan jumlah pasokan plastik daur ulang itu,” katanya.(taryani).

Teks; Seorang pekerja sedang menjemur plastik daur ulang di Taman Simpang Lima, Indramayu.

  • risman

    Sy tertarik untuk membuka usaha daur ulang di daerah. Kebetulan belum ada. Bisakah berbagi ilmu kepada sy. Trimakasih sebelumnya

  • Roto Arrow

    Klo blh minta alamat pengepul daur ulang plastik di cirebon.mksh