Thursday, 05 December 2019

Longsor di Bandung, Satu Warga Tewas Tertimbun

Jumat, 15 Februari 2013 — 14:41 WIB
Longsor Bandung

BANDUNG (Pos Kota) – Hujan deras yang melanda Kabupaten Garut, Kamis, menuai bencana longsor.  Seorang ibu rumah tangga, Karmanah,55, warga Kampung  Pasirangin,  Talegong, Kabupaten Bandung, tewas tertimbun tanah saat sedang berjalan pulang dari sawah. Mayat korban berhasil ditemukan Jumat pagi setelah warga dan tim gabungan melakukan pencarian selama delapan jam.

Longsor yang berlangsung Kamis sore merusak empat rumah warga, dan mengurung 35 hekatar sawah.  “Kami masih melakukan pemantauan di lolasi. Warga diperintahkan waspada khawatir ada longsor susulan,“ kata Camat Kecamatan Talegong, Nurodin.

Dia menjelaskan, bencana longsor tebing berketinggian 100 meter terjadi Kamis sore sekitar pukul 17.30 Wib. Hujan sore itu cukup besar dan deras. Korban saat hukan deras sedang berjalan menuju rumahnya usai nengok sawah. Di luar dugaan ketiba sampai di lokasi, tiba tiba tebing setinggi seratus meter lebih ambruk dan menguruh sosok ibu rumahtangga. “ Korban tertimbun longsor sebelumnya ada warga yang melihat korban di bawah tebing yang ambruk,“ ujar Camat.

Dengan adanya laporan tersebut, tim diturunkan untuk melakukan pencarian. Jasad ibu rumahtangga, baru berhasil ditemukan Jumat pagi setelah tim bekerja melakukan pencarian. “Jenazah almarhumah sudah dimakamkan sebelum Jumatan.”

Camat mengakui, tebing yang longsor selain merenggut korban jiwa, juga merusak areal peswahan seluas  35 hektar.
Berdasar laporan yang masuk longsor pun menghancurkan empat  rumah warga. Hamid.40,  Agus.38,  Umar,40, dan  Dasep. 49, kini tak memiliki tempat tinggal karena rusak diterjang tanah tebing.

(dono/sir)