Sunday, 15 December 2019

Lanud Atang Sendjaja Gelar Dua Latihan

Senin, 25 Februari 2013 — 14:29 WIB
ats-sub

BOGOR (Pos Kota) – Pangkalan TNI Angkatan Udara Atang Sendjaja menggelar dua macam latihan dalam waktu yang bersamaan, yaitu Latihan Survival dasar Sangga Langit dan Latihan Satuan Terpadu Mayer Terampil. Latihan ini dibuka langsung oleh Komandan Lanud Atang Sendjaja Marsekla Pertam TNI Eko Supriyanto, di Main Apron Home Chooper, Senin (25/2)

Kedua latihan berlangsung selama lima hari, latihan Manyer terampil melaksanakan manouver lapangan di wilayah udara operasional Lanud Ats. Sedangkan latihan Survival dasar sangga langit melaksanakan manover lapangan darat laut dan udara di wilayah Sukabumi Ujung Genteng.

Daerah ini di pilih dengan pertimbangan disamping adanya tepi pantai, juga wilayah ini sangat potensial jadi pintu masuk serangan udara musuh melalui wahana udara dan laut sesuai konsep pertahanan udara Indonesia saat ini,  sehingga prajurit Lanud Atang Sendjaja harus benar-benar menguasai medan Ujung Genteng dan sekitarnya.

Kedua latihan ini merupakan domainnya Lanud Atang Sendjaja yang mengoperasikan pesawat helikopter, mengigat Sukabumi dan Bogor merupakan wilayah pegunungan sesuai dengan karakteristik pesawat helikopter yang bisa menjangkau titik-titik yang di perlukan.

ats-tengah
Komandan Lanud Atang Sendjaja Marsekal Pertama TNI Eko Supriyanto mengatakan, dengan dilaksanakan Latihan Survival Dasar diharapkan dapat meningkatkan kemampuan personel, khususnya awak pesawat dalam menghadapi keadaan darurat dan kondisi medan seperti Ujung Genteng, sehingga mampu bertahan hidup baik di darat maupun di air.

Lebih lanjut dikatakan Danlanud, latihan ini juga memupuk mental dan fisik serta jiwa juang yang kuat dalam menghadapi terjadinya kondisi darurat penerbangan yang dihadapkan dengan tugas-tugas operasi, dengan tujuan akhir dari latihan ini adalah agar mampu mengemban tugas pokok Lanud Atang Sendjaja yang semakin komplek dimasa mendatang, jelas Komandan Lanud.

(pentak lanud ATS/sir)
Teks Gbr- Komandan Lanud Atang Sendjaja Marsekal Pertama TNI Eko Supriyanto memeriksa pasukan, kesiapan para peserta latihan. Dan penyematan tanda latihan kepada perwakilan peserta. (pentak lanud ATS)