Wednesday, 20 November 2019

Gunung Tangkuban Perahu Masih “Waspada”

Selasa, 26 Februari 2013 — 21:40 WIB
Tangkuban Perahu-n

BANDUNG (Pos Kota) – Status Gunung Tangkuban Parahu statusnya belum dicabut dan masih bertengger di level waspada. Pengunjung masih dilarang mendekat radius 1 KM terutama di areal kawah Ratu.

“Kami belum mencabut status gunung. Status masih  waspada, dan ditutup untuk wisatawan,“ tegas Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigas Bencana  Geologi (PVMBG), Surono, Selasa (26/2).

Dia menjelaskan, aktifitas Tangkuban Parahu, tidak berkurang.Berdasar catatan masih terjadi gempa hembusan asap dan gempa tremor 8 milimeter selama 274 menit secata terus menerus.

“Dengan  aktifitas seperti itu  tidak memungkinkan menurunkan status  Tangkuban Parahu yang mengeluarkan asap per 21 Februari,” ujarnya.

Hembusan asap dan abu, demikian Surono,  lontarannya hanya di sekitar Kawah Ratu. Namun besarnya energi  di kawah dikhawatirkan memunculkan gas beracun yang berbahaya.

Sementara itu Taman Wisata Alam (TWA) Tangkuban Parahu tetap dinyatakan ditutup. Menurut pengelola TWA Tangkuban Parahu, Putera Kaban, pihaknya tidak mau mengambil risiko yang bisa mengancam keselamatan pengunjung. (Dono/d)