Sunday, 13 October 2019

Polda Jabar Tidak Terima Kasus Pelanggaran Pidana Pilgub

Senin, 4 Maret 2013 — 12:11 WIB
kapolda-sub

BANDUNG (Pos Kota) – Polda Jabar tidak menerima laporan  pelanggaran tindak pidana selama dilakukan kampanye pilgub. Dengan kosongnya laporan, membuktikan pelaksanaan Pilgub di Jabar berjalan kondusif. “Kami todak menerima laporan pelanggaran Pilgub yang sarat muatan pidana,“ tandas Kapolda Jabar, Irjen Pol TB Anis Angkawijaya, Senin.

Anis menuturkan, mulai kampanye, masa tenang, pencoblosan hingga perhitungan suara Panwaslu Jabar tidak melaporkan dugaan  tindak pidana Pilgub. Olehkarenanya, pihak kepolisian tidak menangani kasus pelanggaran Pilgub. “ Laporan ke Panwaslu mungkin ada, tapi laporan itu tidak memenuhi unsur pidana sehingga tidak dilaporkan ke polisi.”

Pada prinsipnya,kata Kapolda,  pelanggaran pilgub terlebih dulu dilaporkan ke Panwaslu. Jika ditemukan pelanggaran yang sifatnya berbau undang undang pemilu , kasus tersebut dilaporkan ke MK. Sedang yang bermuatan pidana ke polisi. “ Bisa saja ada pelanggaran tapi lapornya  ke MK. Yang jelas Polda tidak menerima pelanggaran,“ tegasnya.

Kapolda mengakui, kalau ditemukan ada pelanggaran  dalam kampanye, Panwaslu hanya memiliki waktu sepekan untuk melakukan gelar kasus. “ Massa kampanye sudah lewat, dan tidak ada kasus yang dilaporkan ke polisi.Bisa mengindikasikan   pelaksanaan kampanye  pilgub di Jabar aman,“ pungkasnya.

(dono/sir)