Saturday, 19 October 2019

Brasil Vs Rusia, Antusisme Dua Pelatih

Senin, 25 Maret 2013 — 13:21 WIB
Russia football team manager Fabio Capello leads a training session with his team at Stamford Bridge in west London

LONDON (Pos Kota) – Setelah gagal meraih kemenangan pasca bermain imbang 2-2 dengan timnas Italia, Tim ‘Samba’ Brasil bakal datang ke Stamford Brdige untuk menghadapi Rusia dalam laga ujicoba, Selasa (26/3) dinihari nanti. Tidak sekedar membidik kemenangan perdana di bawah asuhan Luiz Felipe Scolari, Stamford Bridge jadi kenangan tersendiri bagi sang pelatih untuk kembali membuktikan kemampuannya dalam mengatasi gaya permainan dari sang ahli startegi asal Italia, Fabio Capello.

Sebelumnya, Scolari gagal memetik kemenangan ketika menghadapi gaya permainan Italia, besutan Cesare Prandelli, akhir pekan kemarin. Padahal, Tim Samba sempat unggul dua gol lebih dulu, sebelum akhirnya harus puas bermain imbang 2-2. Kali ini, Scolari akan kembali diuji dalam usaha meramu strategi saat melawan Rusia di bawah asuhan Capello, pelatih asal Italia. Tekanan dalam diri Scolari kian besar lantaran harus bermain di Stamford Bridge, kandang Chelsea.

Seperti yang diketahui, Scolari sejatinya merupakan mantan pelatih Chelsea yang hanya mampu bertahan dalam hitungan bulan setelah dianggap gagal menjadi pelatih pada era 2008-09. Mengenai hal itu, Scolari membantahnya. “Saya percaya waktu saya bersama Chelsea tidak seburuk yang orang-orang bicarakan. Statistik yang ada menunjukkan itu, kemenangan yang kami raih. Saya tidak berpikir bahwa itu buruk,” ucap Scolari seperti yang dilansir Sky Sports.

Tidak heran jika laga nanti dijadikan ajang bagi Scolari untuk membuktikan ucapannya itu di hadapan publik Stamford Bridge. Masalahnya, lawan yang akan mereka hadapi adalah Rusia, tim yang ditukangi mantan pelatih timnas Inggris, Capello. Dengan kata lain, akan ada antusiasme yang tinggi di antara kedua pelatih untuk membuktikan taji jelang laga nanti. Capello bahkan mengaku sudah mempelajari gaya permainan Tim Samba sejak jauh-jauh hari.

“Saya sudah melihat Brasil melalui televisi. Saat bertandingan melawan Italia, mereka tampil dengan permainan cepat yang langsung menusuk ke jantung pertahanan lawan. Tapi kami sudah mempunyai cara untuk meredam gaya mereka. Kami harus bermain kompak dan tampil segar saat melawan Brasil. Mereka sulit dihentikan jika menemukan celah untuk menciptakan peluang,” kata Capello yang mengaku tidak gentar dengan nama besar Brasil di kancah sepak bola dunia.

“Saya kira tidak akan ada masalah karena Rusia telah berlatih dengan sangat baik kemarin dan hari ini kita berada dalam bentuk yang baik serta berada di 100 persen untuk pertandingan besok. Ini bukan pertandingan resmi, tetapi ini akan menjadi benar-benar penting bagi saya untuk mengetahui nilai kita, terutama beberapa pemain muda yang belum pernah bermain di tingkat atas tapi akan bermain besok. Ini adalah tes yang baik bagi kita untuk memperbaiki,” tutup Capello.

(junius/sir)

Brasil v Rusia
Siaran Langsung SCTV
Selasa (26/3), 02:30 WIB
Stamford Bridge

REKOR PERTEMUAN:
01-03-06, Rusia v Brasil 0-1
18-11-98, Brasil v Rusia 5-1
28-08-96, Rusia v Brasil 2-2
20-06-94, Brasil v Rusia 2-0

PRAKIRAAN PEMAIN:
Brasil (4-2-3-1): Cesar (g); Alves, Luiz, Silva, Marcelo; Gustavo, Fernando; Oscar, Neymar, Hulk; Fred.
Rusia (4-2-3-1): Akinfeev (g); Anyukov, Ignashevich, Berezutskiy, Shennikov; Dzagoev, Denisov; Glushakov, Bystrov, Faizulin; Kokorin.