Thursday, 14 November 2019

Heboh, Pesona Ibu Negara China

Senin, 25 Maret 2013 — 7:42 WIB
Peng Liyuan=n

BEIJING –  Xi Jinping, presiden baru China terbang kembali dari lawatannya di Moskow, dan menyatakan dirinya “sangat puas” dengan perjalanan resmi pertamanya ke luar negeri.

Chinese President Xi Jinping and First Lady Peng Liyuan wave from their plane upon their arrival at Julius Nyerere International Airport in Dar es Salaam

Presiden China dan Ibu Negara.  Gaun dan model tas yang dikenakan segera jadi trend mode di internet China – Reuters

Tapi, alih-alih membahas topik politik kunjungan kenegaraan presidennya, media China justru heboh membicarakan penampilan anggun dan jelita sang first lady, Ibu negara mereka.

Penampilan Peng Liyuan, 49, yang mengenakan mantel hitam dan syal biru muda menimbulkan demam para pengamat mode di internet China. Penampilannya dinilai sangat mempesona.

Peng Liyuan Artis

Ny. Peng Liyuan saat tampil sebagai artis penyanyi ternama China

Tentu saja. Ny. Peng Liyuan adalah mantan artis ternama, penyanyi yang banyak tampil untuk menghibur Tentara Pembebasan Rakyat. Namanya makin melambung setelah suaminya, Xi Jinping, dilantik sebagai presiden dua pekan lalu.

“Sekarang adalah akhir dari pencarian kita untuk ibu negara yang anggun,” tulis wakil editor dari surat kabar Hong Kong Commercial Daily pada Weibo, versi China dari Twitter.

The Beijing News memuat halaman penuh cerita tentang jadwal Mrs Peng di Moskow, bersama sebuah foto mengenakan tunik sutra gaya China yang elegan.

“Dalam perannya sebagai ibu negara pada kunjungan luar negeri, Ny. Peng Liyuan menunjukkan soft power China,” kata Wang Fan, kepala Institut Hubungan Internasional di Universitas Hubungan Luar Negeri China.

Rekamannya di Moskow cepat demam mirip dengan “efek Middleton Kate”, dengan salinan model mantel yang langsung muncul di situs belanja online, Taobao, yang ditawarkan 499 yuan (£ 53) – dan diiklankan sebagai “dalam gaya yang sama seperti Ibu Negara”.

“Sepatunya benar-benar klasik, dan yang siapa gerangan yang merancang tasnya?” netter lain menulis di Weibo. Bahkan, sabuk kulit hitam yang segera menjadi mode baru.

Kegembiraan warga China atas keanggunan penampilan Ibu Negara Ny. Peng Liyuan datang setelah 20 tahun Ibu Negara China jarang ditampilkan di depan publik.

Ny. Liu Yongqing, istri dari mantan presiden Hu Jintao, jarang muncul di depan umum. Ny. Wang Yeping, istri pendahulunya Hu, Jiang Zemin, juga biasanya tinggal di belakang layar.

Pasangan ini terbang dari Moskow ke Tanzania dan kemudian akan pergi ke Afrika Selatan dan Kongo. Selama perjalanan, Ny. Peng, yang bekerja pada TB dan HIV / AIDS untuk Organisasi Kesehatan Dunia, diperkirakan akan terlibat dalam acara-acara publik lainnya.

Ny. Peng bertemu Xi, 59, melalui seorang teman ketika ia bekerja sebagai wakil walikota dari kota timur Xiamen pada tahun 1986. Xi sebelumnya pernah menikah dengan putri duta besar Cina untuk Inggris.

Pada awalnya, dia bilang dia tidak terkesan dengan Xi karena ia tampak “kasar dan kuno”. Pasangan ini dipisahkan oleh usia satu dekade. Namun, dia kemudian menyimpulkan dia “benar-benar cerdas”.

“Ketika dia pulang, saya tidak pernah memikirkan ada seorang pemimpin negara di rumah,” katanya dalam sebuah wawancara dengan majalah China pada tahun 2007. “Di mata saya, dia hanya suami saya.”

Sebuah gambar yang diambil tahun setelah mereka bertemu menunjukkan mereka berpose di depan sebuah kuil di Dongshan pulau di Fujian dan Ny. Peng Liyuan mengatakan, suaminya, Presiden Xi Jinping suka berenang dan mendaki gunung dan kadang-kadang tetap bangun di malam hari untuk menonton olahraga di televisi. (telegraph/d)

Terbaru

hantu angkot
Kamis, 14/11/2019 — 8:54 WIB
Kisah Bocah yang Malang
Soultan Saladin.
Kamis, 14/11/2019 — 8:08 WIB
Soultan Saladin Musuh Rhoma yang Bercucu Sembilan
Kamis, 14/11/2019 — 7:59 WIB
Efektifkah Kenaikan BBN-KB?