Saturday, 16 November 2019

Imbang 1-1 Lawan Rusia, Brasil Gagal Petik Kemenangan

Selasa, 26 Maret 2013 — 10:55 WIB
selebrasi-brazil

LONDON (Pos Kota) – Untuk kesekian kalinya, Tim Samba Brasil kembali gagal memetik kemenangan perdana di bawah asuhan Luiz Felipe Scolari setelah bermain imbang 1-1 melawan Rusia pada laga ujicoba di Stamford Bridge, Selasa (26/3) dinihari tadi. Dengan demikian Brasil belum sekali pun memetik kemenangan sejak ditukangi Scolari pada 28 November 2012 lalu. Setelah takluk 1-2 dari Inggris dan ditahan Italia 2-2, Brasil terhindar dari kekalahan saat melawan Rusia.

Maklum, setelah mengalami kesulitan selama babak pertama di Stamford Bridge, Tim Samba harus kebobolan lebih dulu lewat gol Victor Fayzulin di menit ke-73. Beruntung, skuad Scolari bisa terhindar dari kekalahan berkat gol Fred di penghujung pertandingan. Menanggapi hasil itu, Scolari justru menilai skuadnya sudah berada di jalur permainan terbaiknya. Kami bermain menghadapi tim yang sangat terorganisir,” kata Scolari seperti disitat Soccerway.

“Saya pikir bahwa dari pertandingan melawan Italia ke pertandingan ini kami menjaga level kami. Rusia adalah satu dari 54 (53) negara Eropa yang mencoba lolos ke Piala Dunia. Mereka menjaga bola cukup baik dan karena banyak faktor kami harus kebobolan karena garis pertahanan mereka lebih tinggi daripada Italia dan juga terus memberi tekanan. Tapi yang benar-benar saya sukai adalah tim terus berusaha membalas hingga akhir,” jelasnya.

“Anak-anak tidak putus asa, mereka tetap tenang dan bermain dan mencetak gol. Kami tidak banyak berevolusi seperti dari pertandingan melawan Inggris ke pertandingan melawan Italia, tapi kami berada di jalur yang tepat. Semua tahu tak jalan pintas menuju sukses. Ada tahapannya.Kami harus terus melalui setiap tahap untuk mencapai tujuan akhir. Di setiap tahapnya kami berusaha menambahkan sejumlah hal seseorang datang, seseorang berganti posisi dan lainnya,” tegasnya.

Di sisi lain pelatih Rusia Fabio Capello menilai bahwa gol Brasil tercipta akibat hilangnya konsentrasi anak-anak asuhnya di menit-menit akhir. “Para pemain kehilangan konsentrasi, kehilangan posisi, dan saat melawan Brasil kalian sama sekali tidak boleh kehilangan konsentrasi hingga menit akhir,” jelas pelatih asal Italia itu yang juga mengaku bahwa kemenangan melawan Brasil pada pertandingan ujicoba akan sangat berarti bagi dirinya dan juga tim.

Maklum,  akan sangat sulit bagi Tim Beruang Merah jika harus mengalahkan Brasil di ajang Piala Dunia nanti, terlebih saat mereka bermain di kandang sendiri. Pada laga ujicoba lainnya di hari yang sama, Kanada di paksa menyerah oleh Belarusia dengan skor 0-2. Dua gol penentu kemenangan Belarusia dicetak Vitali Rodionov (29′) dan Vladimir Khvashchinski (87′).
(junius/sir)