Wednesday, 13 November 2019

Belum Ada Putusan Soal Bocornya Sprindik Atas Nama Anas

Kamis, 28 Maret 2013 — 20:20 WIB
kudetkpk283

JAKARTA (Pos Kota) – Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Johan Budi Sapto Prabowo menegaskan, hingga Kamis (28/3), Komite Etik belum mengeluarkan putusan terkait bocornya berkas surat perintah penyidikan (Sprindik) atas nama Anas Urbaningrum. Pernyataan ini sekaligus menepis rumor kudeta terhadap salah satu Pimpinan KPK Abraham Samad.

“Komite Etik sampaikan pada saya, sampai hari ini belum ada putuskan apapun. Semua pihak agar menghindari spekulasi-spekulasi yang justru bisa melemahkan KPK sendiri,” kata Johan, saat konferensi pers di kantornya, Kamis sore tadi.

Kometi Etik, ujar Johan, berharap pimpinan dan semua staf KPK bisa selalu solid dalam memberantas tindak pidana korupsi di Tanah Air. Sebagai staf, dirinya tidak melihat adanya gejala atau pergerakan untuk mengkudeta pimpinan KPK. “Yang ada perbedaan pendapat dalam ekspos kasus,” ujarnya.

Johan meminta perbedaan pendapat yang kental dalam penanganan gelar perkara (ekspose) janganlah diartikan sebagai tindakan yang mengarah pada kudeta. “Saya prihatin dengan kondisi ini, staf lainnya juga begitu.”

Sebelumnya, Ketua KPK Abraham Samad menyatakan, kasus bocornya dokumen Sprindik internal KPK yang akhirnya berujung pada penetapan Anas Urbaningrum sebagai tersangka itu, merupakan upaya rekayasa yang sengaja diciptakan. Bahkan, dia menuding ada pihak pihak yang memang dengan sengaja mengarahkan pelaku pembocor sprindik itu kepada dirinya.

“Kebocoran sprindik adalah skenario untuk menjatuhkan dan membungkam saya dari KPK,” tukas Abraham melalui pesan singkatnya pada wartawan, Rabu (27/3).

Komite Etik pun mengaku telah memegang sejumlah nama dari pihak internal KPK yang diduga membocorkan dokumen Sprindik atas nama Anas Urbaningrum. Menurut Anies Baswedan, Ketua Komite Etik, pihaknya sudah merampungkan pemeriksaan baik dari pihak internal maupun eksternal yang diduga mengetahui perihal pembocoran. Namun, masih diperlukan pendalaman dan pemanggilan saksi berikutnya. (yulian)

Johan

  • http://www.facebook.com/acay.neo Acay Neo

    Woi,…ngapain urus sprindik,…..yg memang seharusnya dibuka,……goblok amat si KPK,………tegakan hukum lah,….

Terbaru

Petugas memeriksa pengunjung Polres Jakarta Utara.
Rabu, 13/11/2019 — 16:14 WIB
Pengamanan di Polres Jakarta Utara Diperketat
Sejumlah kendaraan di pusat pemerintahan provinsi banten hancur tertimpa pohon saat kota serang dilanda hujan angin. (ist)
Rabu, 13/11/2019 — 15:46 WIB
Kota Serang Porak Poranda Diterjang Hujan Angin
Pelaku bom bunuh diri di Polrestabes Medan.(ist)
Rabu, 13/11/2019 — 15:33 WIB
Bom Polrestabes Medan
Polisi: Pelaku Lilitkan Bom di Pinggang