Tuesday, 19 November 2019

Libur Panjang, Pengunjung Serbu Pantai Sukabumi

Minggu, 31 Maret 2013 — 15:55 WIB
pantai1

SUKABUMI (Pos Kota) – Pesisir pantai di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat masih mempunyai daya pikat. Buktinya, pada liburan panjang kali ini jumlah wisatawan ke objek wisata pantai membludak hingga 50 persen. Kebanyakan, para pengunjung berwisata di sejumlah pantai Selatan Sukabumi seperti Pelabuhanratu, Ujunggenteng, dan Ciracap.

Wakil Ketua Balawista Palabuhanratu, Yanyan Nuryanto mengakui lonjakan pengunjung berasal dari luar kota terutama Jabodetabek. Biasanya, tiap  libur akhir pekan jumlah kunjungan wisatawan hanya berkisar antara 10 ribu hingga 12 ribu orang.  Namun pada libur panjang kali ini  meningkat hingga 40 persen hingga 50 persen.

“Pengunjung didominasi oleh wisatawan berasal dari luar kota seperti seperti Jakarta. Lonjakannya cukup signifikan pada liburan panjang kali ini. Mereka kebanyakan refreshing di pantai-pantai yang masih menyuguhkan keindahan alam yang alami,” kata  Yanyan, Minggu (31/3).

Disebutkan Yanyan, objek wisata pantai di wilayahnya yang banyak dikunjungi yakni  Pelabuhanratu. Selain itu pantai  Ujunggenteng di  Kecamatan Ciracap mempunyai daya tarik bagi wisatawan. Umumnya, wisatawan datang secara rombongan dan ada juga  bersama dengan anggota keluarganya.

“Para wisatawan sudah mulai berdatangan mulai  Jumat (29/2) lalu. Mereka  menginap  di sejumlah tempat penginapan yang ada di pinggiran pantai. Membludaknya wisatawan ini meningkatkan  petugas Balawista untuk waspada,” ungkapnya.

Solihin, wisatawan asal Kota Sukabumi mengaku sengaja memilih berlibur ke Ujunggenteng bersama keluarganya. Alasannya, pemandangan di Pantai Ujunggenteng masih alami. “Biasanya tiap libur panjang suka ke Pelabuhanratu. Tapi kali ini kami ke Ujunggenteng. Pemandangannya memang cukup bagus tapi jalannya aja yang sangat jauh. Tapi kami puas liburan ke sana,” aku Solihin.

Sementara itu, arus lalu-lintas pada penghujung libur panjang di lintasan Utara Sukabumi terpantau ramai lancar. Adapun kepadatan arus terjadi di titik-titik kemacetan seperti Pasar Cibadak, pertigaan Cikidang, Cidahu, dan titik-titik lainnya.
(sule/sir)