Monday, 16 December 2019

Anggito Abimanyu Jadi Duta Zakat Untuk Baznas

Selasa, 2 April 2013 — 17:22 WIB
Anggito Abimanyu

JAKARTA (Pos Kota) – Dirjen Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Kementerian Agama Anggito Abimanyu diangkat menjadi duta zakat oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Duta Baznas bertugas mensosialisasikan zakat kepada masyarakat sehingga ada kesadaran masyarakat untuk membayar zakat.

Selain Anggito, tokoh lainnya yang juga diangkat duta zakat yakni, Presiden Direktur ESQ Leadership Center Ary Ginanjar Agustian, termasuk mantan Ketua Umum Pengusaha Muda Indonesia Sandiago Uno.

Ketua Umum Baznas KH Didin Hafidhuddin menyematkan PIN kepada Anggito dan Ary sebagai tanda resmi menjadi duta zakat untuk Baznas. Sedangkan Sandiago tidak hadir tapi sudah menyatakan kesediaannya untuk menjadi duta zakat.Hadir dalam acara itu, Dirjen Pajak Fuad Rahwani.

Didin Hafidhuddin menyatakan para tokoh yang diangkat sebagai duta Baznas itu diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk berzakat melalui Baznas, sebagai lembaga yang diamanatkan oleh undang-undang No.23 tentang pengelolaan zakat menjadi pengelola zakat nasional.

Menurut Didin, Anggito dinilai memiliki kepedulian terhadap perzakatan nasional, begitu juga Ary dan Sandiago, karenanya diharapkan umat Muslim di Indonesia dapat mengikuti jejaknya untuk taat menunaikan zakat karena membayar zakat itu dapat memberikan berkah bagi usahanya.

“Contohnya Pak Sandiago, seorang pengusaha muda yang telah merasakan zakat bagi usahanya. Mengeluarkan zakat justru memberikan berkah terhadap pertumbuhan perusahaan yang ia dirikan,” papar Didin.

Didin mengatakan, penerimaan zakat, infak dan sadakah pada semua organisasi pengelola zakat pada 2011 baru mencapai Rp1,73 triliun. Angka itu hanya 0,8 persen dari potensi zakat di Indonesia menurut hasil penelitian Baznas bekerja sama dengan Institut Pertania Bogor (IPB) pada 2011 adalah sebesar Rp217 triliun per tahun.

Anggito sendiri menyatakan, pihaknya sudah lima tahun membayar zakat dengan memasukkan ke dalam surat pemberitahuan pajak atau SPT. Dengan cara mengisi ke dalam kolom SPT yang ada, pihaknya sudah mendapat pengurangan pajak. Dengan cara itu dapat diketahui berapa penghasilan, berapa zakat dan pajak yang dikeluarkan setiap tahun. (johara/d)

Teks Foto : Dari kiri, Dirjen Pajak Fuad Rahwani, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Anggito Abimanyu, Ketua Umum Baznas Didin Hafidhuddin dan Presiden Direktur ESQ Leadership Center Ary Ginanjar Agustian. (johara)