Friday, 22 November 2019

Kapal Bocor, 53 Imigran Asing Gagal ke Australia

Senin, 8 April 2013 — 15:11 WIB
imigran

ANYER (Pos Kota) – Sebanyak 53 imigran Banglades, Afganistan, Myanmar diamankan petugas gabungan Mabes Polri dan Direktorat Polair Polda Banten. Dari ke 53 imigran tersebut 2 diantaranya wanita dan 1 balita.

Puluhan imigran yang akan menyelundup ke Australia melalui Pulau Chrismast diamankan di sekitar Perairan Pasauran, Kec. Anyer, Kab. Serang.

Saat ini puluhan imigran tersebut telah diamankan pihak imigrasi Serang dan dititipkan di hotel D’Gria di Kota Serang, Provinsi Banten, setalah berhasil dievakuasi dari Pelabuhan PT Indah Kiat, Merak, Kota Cilegon, Senin (8/4). Dari Pelabuhan Indah Kiat menuju Kota Serang, para warga asing ini diangkut menggunakan bus.

Diperoleh keterangan, para imigran yang hendak mencari suaka politik di Australia ini ditemukan setelah kapal yang mereka tumpanginya bocor. Para imigran itupun langsung mendapatkan evakuasi dari Kapal Gagak 3011 milik Mabes Polri setelah mendapatkan laporan. Seluruh imigran selamat dan kemudian dievakuasi di Pelabuhan Indah Kiat.

Direktur Polair Polda Banten, Kombes Pol. Budhi Hermawan membenarkan hal tersebut. Budi menjelaskan proses evakuasi dilakukan Senin (8/4) sekitar pukul 08:00 WIB. Dia menambahkan, imigran gelap itu sebelumnya berhasil dievakuasi dari kapal yang mereka tumpangi sekitar pukul 01:30 WIB oleh Kapal Gagak Mabes Polri.

“Bersandarnya dinihari tadi, namun demi keamanan kita evakuasi pagi,” jelasnya.

(haryono/sir)