Wednesday, 23 October 2019

Jual HP, WN China Ditangkap Imigrasi

Senin, 22 April 2013 — 22:58 WIB
hpchina224

JAKARTA (Pos Kota) – Kantor Imigrasi (Kanim) Jakarta Selatan menangkap tangan Peng Guajun (warga China) yang menjual telepon gengam merek Samsung buatan China di Kanim Jaksel, Kamis (18/4), pukul 10.30.

Menurut Kepala Kanim Jakarta Selatan Maryoto Sumadi, Peng diduga bagian dari sindikat penjual telpon genggam buatan Cina di Indonesia. Dalam tiga bulan terakhir sudah tertangkap dua orang. Februari lalu warga China, Tan Xiaobing, juga dibekuk.

“Kita tengah memeriksa Peng . Sementara dia diinapkan di Rumah Detensi Kanim Jaksel. Sedangkan Tan sudah dideportasi ke China,” ungkap Maryoto, Senin petang.

Dia menjelaskan penangkapan Pen dilakukan oleh petugas Pengawasan dan Penindakan Kanim Jaksel setelah menerima laporan masyarakat. Lalu menyamar seolah-olah sebagai customer untuk membeli telepon yang ditawarkan.

“Setelah meyakini, dia warga Cina dan menyalahgunakan izin kunjungan. Kita tangkap bersama empat telepon merek Samsung yang diduga buatan Cina,”katanya lagi.

Peng datang ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, 12 April dengan menggunakan visa kunjungan (on arrival), tapi senyatanya dia berkerja dan menjual telepon gengam. Dia diduga nelanggar pasal 122 huruf a UU No 16/2004 tentang Keimigrasian. (ahi)