Monday, 14 October 2019

25 Ribu Aparat Gabungan Amankan Demo Buruh

Selasa, 30 April 2013 — 15:10 WIB
buruh1

JAKARTA (Pos Kota) – Polda Metro Jaya menyatakan sudah ada 23 organisasi elemen buruh yang telah memberitahukan rencana aksi unju rasa terkait peringatan Mayday atau hari buruh Internasional pada 1 Mei, Rabu.

Kapolda Metro Jaya Irjen  Putut Eko Bayuseno mengatakan, 23 elemen buruh yang telah memberitahukan rencana aksi unjuk rasa akan diberikan pelayanan pengaman selama aksi unjuk rasa berlangsung.

Setelah diterima, kata Kapolda, kepolisian melalui Direktorat Intelejen dan Keamanan (Dirintelkam), akan berkordinasi dengan pimpinan organisasi buruh yang tergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI).

“Dari Intel telah berkordinasi siapa penanggung jawab, Kapan waktunya, alat pergaga apa bentuk, lokasi dan juga pelaksanannya,” ujar Kapolda Metro Jaya saat menggelar konfrensi pers bersama MPBI di Mapolda Metro Jaya.

Sementara, lanjut Irjen Putut, untuk mengamankan aksi unjuk rasa ratusan ribu buruh, kepolisian mengerahkan 25 ribu aparat gabungan dari unsur kepolisian, TNI dan Satpol PP.

“Kami menjamin  aksi besok berjalan aman dan damai. Karena dari para buruh sudah berkomitmen untuk tidak anarkis,” ujar kapolda.

Putut menambahkan, dampak dari aksi unjuk rasa ini, kepolisian juga akan melakukan pengalihan arus lalulintas.

“Kami Himbuan  pada masayarakat agar tetap memantau melalui berbagai media, Cetak, elektronik, juga TMC Polda Metro, untuk memberikan informasi  perkembangan lalulintas,” kata Putut, Selasa.

Said Iqbal, perwakilan dari MPBI menuturkan, sedikitnya ada 150 ribu buruh dari kawasan pinggiran kota akan datang ke Jakarta untuk menyampaikan aspirasi ke Istana Negara, Bunderan HI, serta Gedung DPR/MPR, dan sejumlah kantor Kementerian.

(yahya/sir)