Friday, 22 November 2019

Tugu Kujang “Tenggelam”, Tugu Kujang Dipindah

Senin, 27 Mei 2013 — 4:17 WIB
Tugu Kujang-n

BOGOR (Pos Kota) –  Protes sejumlah kalangan masyarakat Kota Bogor yang tidak terima tenggelamnya Tugu Kujang, sebagai ikon kota hujan ini  lantaran menjulangnya tingginya pembangunan Hotel Amaroossa akhirnya ditemukan solusinya.

Tugu Kujang

Pemkot Bogor dan sejumlah kalangan masyarakat termasuk budayawan sepakat membangun kembali Tugu Kujang, namun di lokasi yang berbeda,

“Lewat muswayawarah dengan sejumlah tokoh, mahasiswa dan budayawan Kota Bogor akhirnya disepakatai membangun kembali Tugu Kujang, namun bukan di lokasi lama di pertigaan Jl. Padjajaran dan Otto Iskandar,” ungkap Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Kota Bogor Harry Sutjahjo, Minggu (26/5).

Rencananya, lokasi Tuh\gu Kujang akan dibangun di  depan mulut pintu keluar Tol Bogor, Jagorawi di depan Terminal Baranangsiang. “Di sekitar lokasi itu sangat cocok, sebagai gerbang masuk ke Kota Bogor,” tambahnya.

Dia menyebutkan, pembanguan kembali ikob Kota Bogor  ini sebagai bentuk kepedulian Pemkot Bogor terhadap sejarah Kujang.

“Kita tak mungkin menghentikan pembangunan 14 lantai Hotel Amaroossa. Satu-satunya solusi membangun kembali Tugu Kujang,” jelasnya. Rencananya, untuk membangun kembali ikon Kota Bogor, pemkot akan menggelar sayembara terutama design pembangunanya termasuk dari bahan materialnya. “Anggaran untuk sayembara ini akan kita alokasikan dari APBD Perubahan 2013, Sedangkan biaya pembangunannya kemungkinan akan dibebakan pada APBD 2014,”katanya.

Anggota DPRD kota Bogor dan sejumlah kalagan menyabuta baik rencana ini. Namun Komisi C DPRD Kota Bogor, Budi Sulistio  keberatan jika pembanguan kembali Tugu Kujang itu dibebaskan kepada pemkot. “Seharusnya dibebesakan ke pengelola Hotel Amaroossa, jika mereka keberatan, pemkot dapat memita siteplan pembanguan hotel itu ditinjau ulang,” katanya.

Sedangkan sejumlah Rudiasnyarah, warga  Cimaphar, Kecamatan Bogor Utara tidak memperdulikan anggaran untuk membangun kembali kegagahan Tugu Kujang itu. “Kita berharap kelak  Tugu Kujang yang dibangun itu lebih tinggi dan besar sehingga mencerminkan kegagahan.  “Tak peduli dananya dari mana, bagi kami Kujang itu ikon warga Bogor sebagai senjata tradisional dalam merebutkan kemerdekaan bangsa ini,” katanya. (iwan/d)

Kegagahan Tugu Kujangng tenggelam dengan menjulang tinggi pembanuan HotelAmaroossa. (iwan)