Saturday, 19 October 2019

300 Ribu Warga Bekasi Belum Nikmati Listrik

Rabu, 29 Mei 2013 — 21:58 WIB
ilus300

BEKASI (Pos Kota) – Sekitar 300 ribu warga di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat ternyata belum menikmati listrik. Padahal, wilayah ini sarat dengan industri dan pabrik. Bahkan tidak jauh dari Ibukota Jakarta.

“Dari data kami, ada sekiar 28 persen warga Kabupaten Bekasi belum menikmati listrik. Atau sekitar 300.000 warga lebih,” kata Kepala Badan Pengendaloan Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Bekasi, Entah Ismanto, Rabu (29/5)..

Menurut Entah, pemasangan sambungan listrik belum merata di 23 Kecamatan. Masih ada beberapa kecamatan yang belum teraliri listrik, di antaranya adalah Desa Sukarahayu Kecamatan Tambelang, dan Desa Lambang Jaya dan Mangun Jaya kecamatan Tambun Selatan.

“Dua kecamatan ini paling banyak yang belum terpasang listrik,” kata dia.

Dijelaskan, di Desa Lambangjaya ada 110 KK, di Mangunjaya ada 86 KK, untuk di Desa Sukarahayu ada 116 KK. Sisanya menyebar di 21 kecamatan lain di Kabupaten Bekasi.

“Hal ini disebabkan karena di beberapa wilayah tersebut tidak ada gardu dan tiang listrik. Ada juga karena faktor biaya pemasangan sambungan baru yang relatif mahal,” ungkap Entah.

Untuk itu, pihaknya akan berupaya melakukan pemasangan gardu dan tiang listrik di seluruh wilayah yang belum teraliri.

“Kami ajukan anggaran sebesar Rp 3 miliar pada APBD Perubahan tahun ini untuk bisa melakukan pemerataan distribusi listrik,” katanya. (Dieni)