Sunday, 15 December 2019

Istri Walikota Bogor Dinobatkan Jadi Bunda PAUD

Rabu, 5 Juni 2013 — 8:22 WIB
bundapaud56

BOGOR (Pos Kota) – Istri Walikota Bogor Hj. Fauziah Diani Budiarto dinobatkan sebagai Bunda PAUD Kota Bogor. Pengukuhan tersebut dikuatkan dalam SK Walikota No. 421.1.45-227 thn 2013 tentang pengukuhan Hj. Fauziah Diani Budiarto sebagai bunda pendidikan anak usia dini Kota Bogor.

Pengukuhan dilakukan oleh Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof Dr Lydia Freyani Hawadi, Psi. Dengan pengukuhan ini, maka Bunda PAUD memiliki tugas penting yaitu meningkatkan target Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Anak Usia Dini (APK PAUD) yang saat ini secara nasional baru mencapai 53,7% dapat didongkrak menjadi 75% pada tahun 2015.

“Targetnya dari 0-6 tahun harus 75% pada tahun 2015. Ini komitmen renstra nasinal. Masih ada waktu dua tahun,” ingat Lydia.

Tidak hanya Bunda PAUD Kota Bogor yang dikukuhkan, dalam kesempatan yang sama juga dikukuhkan Bunda PAUD tingkat Kecamatan dan Kelurahan. Sebagai Bunda PAUD Kota Bogor, Fauziah melantik sebanyak enam Bunda PAUD tingkat Kecamatan dan 68 Bunda PAUD tingkat Kelurahan.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa “Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujuan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam pendidikan yang lebih lanjut.

Adanya Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal diharapkan kebijakan-kebijakan mendasar terkait dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dapat sinergi dan terintegrasi dengan kebijakan lain terutama di bidang kesehatan, sehingga kenaikan target Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Anak Usia Dini (APK PAUD) yang saat ini secara nasional baru mencapai 53,7% dapat didongkrak menjadi 75% pada tahun 2015 nanti.

Sebelum penobatan bunda PAUD Dirjen Prof Dr Lydia Freyani Hawadi, Psi, bersama Ketua TP. PKK Hj. Fauziah Diani Budiarto melakukan senam bersama ratusan anak PAUD se Kota Bogor yang dilanjutkan dengan peninjauan lukisan dan pameran hasil karya anak-anak PAUD. (yopi)

Teks : Istri Walikota Bogor Hj. Fauziah Diani Budiarto dinobatkan sebagai Bunda PAUD Kota Bogor.