Tuesday, 10 December 2019

Bosnia-Herzegovina Lumat 10 Pemain Latvia 5-0

Sabtu, 8 Juni 2013 — 9:51 WIB
endin86

RIGA (Pos Kota) – Timnas Bosnia-Herzegovina melumat 10 pemain Latvia 5-0 pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa di Stadion Skonto, Sabtu (8/6) dinihari WIB tadi. Hasil itu kian mempertegas posisi Bosnia-Herzegovina sebagai pimpinan Grup G, disusul Yunani yang juga menang dengan skor tipis 1-0 atas Lithuania di hari yang sama.

Dengan koleksi 16 poin dari enam laga, Bosnia-Herzegovina unggul tiga angka dari Yunani di tempat kedua. Sedangkan Latvia berada di urutan kelima dengan empat angka, disusul juru kunci Liechtenstein (2) yang bermain 1-1 dengan Slowakia pada hari yang sama. Sedangkan Lithuania menempati urutan keempat dengan lima poin, atau terpaut empat angka di bawah Slowakia yang menempati urutan ketiga.

Melawat tuan rumah Latvia yang sudah bermain dengan 10 orang akibat Aleksandrs Fertovs di menit ke-11, Bosnia-Herzegovina sebenarnya sempat kesulitan untuk memecah kebuntuan sepanjang babak pertama. Skor imbang tanpa gol pun mengakhiri pertandingan selama 45 menit pertama. Bosnia-Herzegovina akhirnya mampu membuka keunggulan, tiga menit usai jeda. Adalah Senad Lulic yang sukses mencetak gol pembuka kunggulan Bosnia-Herzegovina.

Sejak saat itu, gol demi gol tercipta lewat aksi Vedad Ibisevic (53′), Haris Medunjanin (63′), Miralem Pjanic (80′), dan Edin Dzeko (82′) untuk memastikan kemenangan armada Safet Susic dengan skor akhir 5-0. BosniaHerzegovina pun pulang dengan poin penuh. Sedangkan satu-satunya gol penentu kemenangan Yunani atas Lithuania dicetak Lazaros Christodoulopoulos (20′). Pada laga lainnya di Grup C, Austria secara mengejutkan menang 2-1 atas Swedia dan Republik Irlandia libas Kepulauan Faroe 3-0. (junius)

Teks : Edin Dzeko jebol gawang Latvia (reuters)