Sunday, 15 December 2019

1 Dolar AS Nyaris Tembus Rp 10 Ribu

Senin, 10 Juni 2013 — 19:37 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Nilai tukar rupiah makin tak berdaya terhadap dolar AS. Dalam transaksi perdagangan, kurs mata uang Negera Paman Sam hampir menembus level Rp10.000. Seperti di money changer Ayumas Gunung Agung, kurs beli dolar AS tercatat Rp9880 dan kurs jual Rp9.930.

“Menguatnya dolar AS terhadap rupiah tak selamanya buruk,” kata pengamat ekonomi Dandossi Matram, Senin (10/6). “Penguatan kurs dolar AS ini juga hanya sementara.”

Dengan menguatnya dolar AS, ia mengemukakan tentu menambah daya saing produk ekspor Indonesia di pasar internasional. Sehingga makin banyak ekspor, penerimaan yang diperoleh negara makin besar.

Disamping itu, ia menambahkan menguatnya dolar AS ini bisa dijadikan moment untuk menekan masuknya produk impor.

Kalau terlalu banyak impor di tengah kurs dolar AS menguat akan memicu inflasi. Sebab harga barang impor pasti naik. Untuk itu, masyarakat harus mau menggunakan produk lokal yang harga dan kualitasnya tak kalah dengan produk impor.

Ia yakin menguatnya kurs dolar AS ini bukan hanya pengaruh faktor global semata. Ada strategi dari Bank Indonesia (BI) membiarkan rupiah melemah hampir menembus level Rp10.000 untuk menekan masuknya produk impor.

Saat ini banyak korporasi membutuhkan dolar AS, tapi stok di pasar tidak cukup. BI bisa saja menggelontorkan dolar AS ke pasar dalam jumlah besar.

Namun karena strateginya ingin menekan masuknya produk impor, ia mengemukakan BI hanya sedikit saja menggelontorkan dolar AS ke pasar.

Direktur eksekutif Humas BI, Difi A Johansyah, mengaku kurs dolar AS belum menembus Rp10.000. “Itu di Singapura. Di sini belum.”

Kalau sudah menembus Rp10.000, ia menambahkan BI pasti mengawal rupiah.

Dia mengemukakan menguatnya kurs dolar AS ini, seiring dengan menggeliatkan ekonomi AS. Kondisi ini membuat kaget bursa uang di kawasan regional, termasuk bursa uang di Indonesia.

Ditambah lagi, kebutuhan dolar AS di dalam negeri bertambah seiring utang korporasi yang jatuh tempo. Ini yang mendorong dolar AS makin perkasa. (setiawan)

  • sseffendy

    TENANG, NKRI MASIH PUNYA 17000 PULAU.